Home Kesehatan Apa Saja yang harus dihindari Ketika Kita Berpuasa?

Apa Saja yang harus dihindari Ketika Kita Berpuasa?

25
0

BeritaMu.co.id-Berpuasa sering dijadikan waktu yang tepat untuk diet dan menurunkan berat badan. Tak salah memang karena kamu bisa lebih mengatur porsi dan waktu makan saat berpuasa.

Namun tidak sedikit juga yang malah merasa berat badannya naik selama puasa, padahal tidak makan minum seharian.

Hal ini bisa jadi disebabkan karena kamu sering melakukan kebiasaan buruk saat puasa yang tidak baik untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Melewatkan sahur

Sahur dengan makanan yang tepat akan menjadi sumber energi yang cukup bagi tubuh kamu untuk beraktivitas seharian.

Jika kamu melewatkan sahur, maka berbagai masalah pencernaan bisa menghampiri, juga dehidrasi hingga bau mulut.

2. Terlalu banyak konsumsi karbohidrat

Konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak saat sahur akan membuat kamu mudah lemas dan lapar. Dan jika mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak saat berbuka akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut dan bisa menyebabkan gastritis.

Hal ini karena karbohidrat akan diubah menjadi gula dalam tubuh dan menjadi sumber energi. Hal ini menyebabkan lonjakan insulin, kenaikan asam lambung hingga penambahan berat badan.

3. Langsung tidur setelah sahur

Kebiasaan sering langsung tidur setelah sahur ternyata ini juga tidak disarankan. Ini karena langsung tidur setelah makan akan memicu asam lambung kembali naik ke kerongkongan, menyebabkan heartburn, perut terasa kembung dan juga radang tenggorokan.

4. Sahur dan buka dengan junk food

Makanan junk food mengandung banyak lemak yang masuk kategori makanan yang tidak dianjurkan dikonsumsi baik saat sahur maupun buka.

Baca Juga :  Pola Hidup Sehat Untuk Penderita Maag

Makanan jenis ini dapat menyebabkan gangguan pencernaan, membuat rasa nyeri di perut dan dapat meningkatkan berat badan jika terlalu sering dikonsumsi.

5. Makan terlalu banyak saat buka

Sering kalap makan saat buka puasa? Kebiasaan ini tidak baik untuk sering-sering dilakukan  karena makan secara berlebihan saat berbuka puasa bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan meningkatkan resiko obesitas.

Lambung butuh waktu setelah seharian kosong untuk bisa mulai mencerna makanan. Beri waktu sekitar 30 menit dari saat berbuka untuk mengonsumsi makanan berat. Kamu bisa makan takjil dalam porsi secukupnya, lalu sholat maghrib baru dilanjutkan dengan mengonsumsi makanan berat.

6. Konsumsi minuman berkafein

Baik saat sahur maupun berbuka, sebisa mungkin hindari konsumsi minuman berkafein, seperti kopi, teh dan minuman bersoda.

Hal ini karena minuman berkafein dapat meningkatkan asam lambung dan memicu sering buang air kecil yang akhirnya bisa menyebabkan dehidrasi.

7. Tidak berolahraga

Banyak juga yang beralasan bagaimana mau olahraga saat puasa karena biasanya tubuh lemas saat berpuasa. Kamu bisa memilih olahraga ringan setelah sahur atau sebelum berbuka.

Kamu juga bisa memilih waktu olahraga setelah buka puasa sehingga bisa makan dan minum sepuasnya setelah olahraga. Namun pastikan waktu olahraga tidak terlalu dekat dengan waktu tidur agar tidak mengganggu jadwal istirahat kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here