Home Bisnis Kapal Goyang, Kapten! Harga Batu Bara Rontok 14% dalam Sehari

Kapal Goyang, Kapten! Harga Batu Bara Rontok 14% dalam Sehari

69
0
Unstoppable! Harga Batu Bara Rekor Lagi, Pepet US$ 180/ton

Jakarta, BeritaMu.co.id Harga batu bara kembali turun. Bukan sekadar turun, tetapi hancur lebur.

Kemarin, harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) berada di US$ 181,95/ton. Rontok 14,62% dibandingkan sehari sebelumnya. Ini adalah koreksi harian terdalam sejak 6 Oktober 2021.

Koreksi ini membuat harga si batu hitam melemah selama tujuh hari beruntun. Dalam tujuh hari tersebut, harga anjlok 30,02%.

Aksi ambil untung (profit taking) sepertinya masih mendera harga batu bara. Maklum, sebelumnya harga sudah naik tinggi sekali.

Dalam sebulan terakhir, harga batu bara masih membukukan kenaikan 2,04% secara point-to-point. Sejak akhir2020 (year-to-date), harga masih naik 122,57%.

So, wajar investor akan tergoda dengan cuan sebesar itu. Pasti akan tiba saatnya investor ramai-ramai mencairkan keuntungan, dan sepertinya itu sedang terjadi selama seminggu terakhir.

Selain itu, pasar juga merespons rencana kebijakan China yang akan berupaya menekan harga batu bara. Caranya adalah dengan menggenjot produksi dan mempercepat impor untuk memupuk stok agar cukup untuk kebutuhan musim dingin nanti.

Baca Juga :  Harga Batu Bara Cetak Rekor, Tapi Jangan Senang Dulu Gaes!

Komisi Reformasi dan Pembangunan Nasional China (NDRC) tengah mempelajari berbagai langkah intervensi dalam rangka menurunkan harga batu bara. Pemerintahan Presiden Xi Jingping berkomitmen untuk melakukan berbagai upaya agar harga batu bara turun ke level yang lebih masuk akal.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(aji/aji)

Demikian berita mengenai Kapal Goyang, Kapten! Harga Batu Bara Rontok 14% dalam Sehari, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20211022054818-17-285679/kapal-goyang-kapten-harga-batu-bara-rontok-14-dalam-sehari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here