Home Bisnis Ada Tanda-Tanda Baik Buat IHSG Besok, Cek di Sini!

Ada Tanda-Tanda Baik Buat IHSG Besok, Cek di Sini!

17
0
Ada Tanda-Tanda Baik Buat IHSG Besok, Cek di Sini!

Jakarta, BeritaMu.co.id – Bursa saham Eropa kompak menguat pada perdagangan Rabu (20/10), hal ini tentunya menjadi pertanda bagus setelah bursa saham Asia juga mayoritas menguat. Apalagi, jika bursa saham Amerika Serikat menyusul di zona hijau, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang hari ini libur tentunya akan mendapat suntikan tenaga Kamis besok.

Melansir data dari Refinitiv, indeks DAX 30 Jerman hingga pukul 18:40 WIB menguat 0,12%, kemudian FTSE 100 Inggris dan CAC 40 Prancis naik kurang dari 0,1%. Penguatan tersebut memang tipis, tetapi setidaknya menunjukkan sentimen pelaku pasar masih cukup bagus.

Data ekonomi dari Inggris hari ini menunjukkan inflasi di bulan September tumbuh 3,1% year-on-year (YoY), sedikit melambat dari bulan sebelumnya 3,2% YoY.

Dean Turner, ekonom di UBS Global Wealth Management mengatakan meski inflasi melambat, tetapi masih jauh di atas target bank sentral Inggris (Bank of England/BoE) 2%, dan tidak akan membuat BoE menunda kenaikan suku bunga.

Sementara itu, kejutan datang dari bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB). Anggota dewan ECB, Jens Weidmann, yang juga Gubernur Bank Sentral Jerman (Bundesbank) hari ini mengumumkan akan mundur dari jabatanya di akhir tahun nanti.

Baca Juga :  Menteri Bahlil Sebut Jawa Barat Jadi Tujuan Investasi Favorit di RI

Weidmann merupakan salah satu tokoh yang berpengaruh dalam pengambilan keputusan kebijakan moneter ECB, dan sudah menjabat sejak 2011.

Tidak disebutkan alasan pastinya mengundurkan diri, ia hanya menyebut alasan pribadi.

“Saya sudah sampai pada kesimpulan, setelah lebih dari 10 tahun, kini adalah saat yang tepat untuk membuka lembaran baru, untuk Bundesbank, juga untuk saya pribadi,” kata Weidmann dalam sebuah surat untuk karyawan Bundesbank yang dikutip CNBC International.

Weidmann dikenal sebagai anggota dewan yang konservatif dan cenderung hawkish yakni arah kebijakan moneter yang ketat, dalam hal ini kenaikan suku bunga.

Mundurnya Weidmann dari Bundesbank secara otomatis juga mundur dari ECB. Bank sentral pimpinan Christine Lagarde ini sedang berada dalam dilema, sebab inflasi di zona euro sedang tinggi, sementara pemulihan ekonomi masih belum maksimal.

TIM RISET CNBC INDONESIA 

[]

(pap/pap)

Demikian berita mengenai Ada Tanda-Tanda Baik Buat IHSG Besok, Cek di Sini!, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20211020185229-17-285294/ada-tanda-tanda-baik-buat-ihsg-besok-cek-di-sini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here