Home Bisnis MARKET PEFINDO Tetapkan Peringkat idAAA untuk Obligasi Berkelanjutan VI yang Diterbitkan PT Pegadaian

PEFINDO Tetapkan Peringkat idAAA untuk Obligasi Berkelanjutan VI yang Diterbitkan PT Pegadaian

5
0

Beritamu.co.id – PEFINDO menetapkan peringkat idAAA untuk Obligasi Berkelanjutan VI yang diterbitkan PT Pegadaian dengan nilai sebesar-besarnya Rp10,0 triliun dan Obligasi Berwawasan Sosial Berkelanjutan I dengan nilai sebesar-besarnya Rp2,0 triliun, serta peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan III dengan nilai sebesar-besarnya Rp5,0 triliun dan Sukuk Mudharabah Berwawasan Sosial Berkelanjutan I dengan nilai sebesar-besarnya Rp3,0 triliun.

Pada saat yang sama, PEFINDO juga menegaskan peringkat idAAA untuk PT Pegadaian dan obligasi Perusahaan yang masih beredar, serta peringkat idAAA(sy) untuk Sukuk Mudharabah Berkelanjutan yang masih beredar.

Prospek untuk peringkat perusahaan adalah stabil.

“Peringkat tersebut mencerminkan fungsi strategis Pegadaian dalam holding ultra-mikro dalam menyediakan akses pembiayaan kepada masyarakat kelas menengah ke bawah, posisi yang superior dalam bisnis jasa gadai, permodalan yang sangat kuat, serta profil likuiditas dan fleksibilitas keuangan yang baik,” sebut PEFINDO dalam pengumuman yang dirilis Selasa (09/7).

Ditambahkan, periode peringkat ini berlaku dari 19 Maret 2024 – 1 Maret 2025.

Namun, peringkat tersebut dibatasi oleh tantangan dalam perbaikan efisiensi operasional.

Baca Juga :  Wapres K.H. Ma’ruf Amin Tinjau Sentra Vaksinasi di Kota Semarang

Peringkat dapat diturunkan jika dukungan induk melemah secara signifikan atau jika Pegadaian mengalami pemburukan kualitas aset dan profitabilitas secara signifikan.

Diketahui, Pegadaian menyediakan layanan gadai dan pembiayaan mikro di seluruh Indonesia.

Pegadaian merupakan bagian dari holding ultra-mikro, dan 99,99998% saham dimiliki oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (idAAA/stabil), dan dikendalikan oleh Pemerintah Indonesia melalui saham Dwiwarna.


https://pasardana.id/news/2024/7/10/pefindo-tetapkan-peringkat-idaaa-untuk-obligasi-berkelanjutan-vi-yang-diterbitkan-pt-pegadaian/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here