Home Bisnis MARKET Cegah Pungli, Pelindo Perluas Penerapan Gerbang Otomatis di 29 Pelabuhan

Cegah Pungli, Pelindo Perluas Penerapan Gerbang Otomatis di 29 Pelabuhan

7
0

Beritamu.co.id – Sebagai upaya dan bentuk komitmennya mewujudkan pelabuhan yang bersih dari pungutan liar (pungli), PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) memperluas penerapan gerbang otomatis (autogate) di 29 pelabuhan pada tahun ini.

Direktur Pengelola Pelindo Putut Sri Muljanto melalui keterangannya di Jakarta, Minggu, (7/7) mengatakan, mulai Juli 2024 hingga akhir tahun, pihaknya akan mengoperasikan gerbang otomatis di empat pelabuhan di regional 1, tiga pelabuhan di regional 2, 14 pelabuhan di regional 3, dan delapan pelabuhan di regional 4.

“Dengan otomatisasi gerbang, pembayaran yang sebelumnya dilakukan secara tunai berubah menjadi non-tunai (cashless),” kata dia.

Adapun empat pelabuhan yang akan mengoperasikan gerbang otomatis di Regional 1, yaitu Gunung Sitoli, Sibolga, Tanjung Balai Asahan, dan Lhokseumawe. Tiga pelabuhan di regional 2, yaitu Cirebon, Bengkulu, dan Palembang.

Berikutnya, ada 14 pelabuhan di regional 3, yakni dari Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap, Tanjung Tembaga Probolinggo, Waingapu (Sumba), Maumere (Flores), Bima, Ende-Ippi, Kalabahi, Labuan Bajo, Kotabaru, Batulicin, Sampit, Kalianget, Tegal, dan Tanjung Wangi.

Baca Juga :  Perkuat Pertumbuhan Usaha, IPOL Alokasikan Dana Senilai US$100 Juta untuk Penambahan Kapasitas Produksi

Kemudian di regional 4, yaitu Manokwari, Jayapura, Biak, Fakfak, dan Merauke di Papua, Tolitoli dan Pantoloan di Sulawesi Tengah, serta Gorontalo.

Putut mengatakan, pengoperasian gerbang otomatis dilakukan bertahap dengan mempertimbangkan trafik kendaraan di pelabuhan yang akan diterapkan sistem autogate.

“Kita juga melihat hasil evaluasi atas penerapan autogate di pelabuhan-pelabuhan terdahulu yang dapat dijadikan best practices,” ujar Putut.

Dia bilang, selain bertujuan melakukan standardisasi operasi pelabuhan, gerbang otomatis juga untuk mewujudkan pelabuhan yang bersih dari pungli.

Diketahui pada 2023, Pelindo telah mengimplementasikan gerbang otomatis di 13 pelabuhan di Indonesia, menyusul lima pelabuhan yang sudah menerapkan sistem cashless sebelumnya, yaitu Banten, Tanjung Pandan, Sunda Kelapa, Banjarmasin, dan Gresik serta 12 pelabuhan yang sebagian besar berada di wilayah Indonesia Timur. Dengan demikian, sampai akhir 2024, ditargetkan 59 pelabuhan mengoperasikan gerbang otomatis.


https://pasardana.id/news/2024/7/8/cegah-pungli-pelindo-perluas-penerapan-gerbang-otomatis-di-29-pelabuhan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here