Home Bisnis MARKET BCA Finance dan BCA Multi Finance Bakal Merger

BCA Finance dan BCA Multi Finance Bakal Merger

8
0

Beritamu.co.id – Dua perusahaan anak PT Bank Central Asia Tbk (BCA) (IDX: BBCA) yaitu PT BCA Finance (BCA Finance/BCAF) dan PT BCA Multi Finance (BCA Multi Finance/BCAMF) berencana melakukan merger atau penggabungan dalam rangka memperkokoh bisnis pembiayaan otomotif.

Pascamerger, BCA Finance akan menjadi perusahaan penerima penggabungan (surviving entity).

“Grup BCA melihat potensi pertumbuhan jangka panjang yang menjanjikan di pasar pembiayaan otomotif. Penggabungan ini akan menyatukan potensi terbaik layanan pembiayaan BCA, yang kami harapkan bisa menghasilkan suatu entitas baru yang lebih kokoh, unggul, efisien, dan efektif. Lini bisnis pembiayaan sepeda motor BCA Multi Finance dipastikan tetap hadir di pasar dan menjadi bagian dari BCA Finance,” ungkap Jahja Setiaatmadja, Presiden Direktur BCA, dalam keterangan pers, Senin (01/7).

Ditambahkan, merger kedua entitas anak sejalan dengan komitmen Grup BCA dalam melayani konsumen di berbagai segmen pembiayaan otomotif.

Penggabungan kedua entitas diharapkan dapat semakin meningkatkan performa layanan serta kualitas pembiayaan kepada konsumen.

Diketahui, kedua perusahaan bergerak di bidang yang sama, yaitu industri multifinance. 

Baca Juga :  ANALIS MARKET (07/5/2024) : IHSG Diperkirakan Cenderung Mixed

Namun, pada saat ini, BCA Finance fokus pada pembiayaan roda empat, sedangkan BCA Multi Finance mengutamakan pembiayaan roda dua. Rencana merger akan menggabungkan keduanya dalam satu atap.

Adapun proses penggabungan BCA Multi Finance ke dalam BCA Finance telah mendapatkan persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selanjutnya, BCA Finance dan BCA Multi Finance akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mendapatkan persetujuan dari masing-masing pemegang saham.

Setelah penggabungan berlaku efektif, seluruh hak dan kewajiban BCA Multi Finance akan dialihkan sepenuhnya kepada BCA Finance.

Lebih lanjut, BCA Finance akan melakukan integrasi menyeluruh dengan memperhatikan seluruh pemangku kepentingan termasuk konsumen, kreditor, mitra bisnis, karyawan dan pemegang saham. 

Sebagai bagian dari ekosistem Grup BCA, baik BCA Finance dan BCA Multi Finance akan memastikan bahwa hak-hak karyawan terpenuhi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


https://pasardana.id/news/2024/7/2/bca-finance-dan-bca-multi-finance-bakal-merger/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here