Home Bisnis MARKET DOID Tingkatkan Ketahanan Finansial Melalui Pembiayaan Ulang yang Strategis

DOID Tingkatkan Ketahanan Finansial Melalui Pembiayaan Ulang yang Strategis

7
0

Beritamu.co.id – PT Delta Dunia Makmur Tbk (Delta Dunia Group) (IDX: DOID) terus memperkuat neraca keuangannya.

Diketahui, pada Q1 2024, perseroan mencapai rasio Utang Bersih terhadap EBITDA yang sehat sebesar 1,65x pada Maret 2024, meningkat dari 2,15x pada Q1 2023.

Arus kas operasional meningkat signifikan menjadi USD61 juta, dari USD35 juta pada Q1 2023.

Sementara arus kas bebas sebesar USD11 juta, posisi kas Grup meningkat menjadi USD322 juta.

Arus kas bebas yang lebih rendah mencerminkan investasi tambahan di Solar United Network Pte Ltd (SUN Energy), sebuah perusahaan rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and construction/EPC) panel surya serta pengembang dengan portofolio proyek internasional di Asia Pasifik.

“Investasi Ini menegaskan komitmen Grup untuk bertransisi menuju ekonomi yang lebih rendah karbon,” terang Iwan Fuad Salim, Direktur Delta Dunia Group dalam keterangan pers, Selasa (25/6).

Dijelaskan, per Maret 2024, total utang Grup menurun menjadi USD1,01 miliar, turun dari USD1,22 miliar, berkat pelunasan obligasi lebih awal sebesar USD153 juta dan pengurangan lebih lanjut dari amortisasi pinjaman dan sewa.

Baca Juga :  Grab Suntik Pendanaan Seri C ke Bareksa

Penurunan ini, ditambah dengan diversifikasi sumber permodalan yang efektif, telah memfasilitasi keberhasilan pembiayaan kembali (refinancing) kewajiban pembayaran utang di 2026, sehingga meningkatkan profil jatuh tempo utang Grup.

“Keberhasilan refinancing kami yang sukses merupakan langkah besar yang signifikan bagi Grup, memperpanjang jatuh tempo utang kami hingga 2029 dan memungkinkan jadwal pembayaran yang lebih merata. Penyesuaian yang dilakukan secara cermat ini memastikan ketahanan finansial yang lebih besar untuk meningkatkan ketangguhan, sekaligus memberikan fleksibilitas untuk mengejar berbagai inisiatif pertumbuhan. Keberhasilan refinancing ini menunjukkan kepercayaan dan keyakinan yang kuat dari semua mitra keuangan kami terhadap kinerja dan strategi Grup. Kami berada dalam posisi yang baik untuk memanfaatkan peluang diversifikasi yang muncul, memperluas cakupan geografis kami, meningkatkan ESG (Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola) kami, serta mendorong penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan kami,” pungkas Iwan Fuad Salim.


https://pasardana.id/news/2024/6/26/doid-tingkatkan-ketahanan-finansial-melalui-pembiayaan-ulang-yang-strategis/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here