Home Bisnis MARKET Petani Tembakau Minta Capres-Cawapres Buktikan Kepeduliannya Terhadap IHT

Petani Tembakau Minta Capres-Cawapres Buktikan Kepeduliannya Terhadap IHT

18
0

Beritamu.co.id – Para petani dan pekerja di sektor tembakau melayangkan keresahannya akibat munculnya pasal-pasal tembakau di Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bertarung di Pemilihan Umum 2024.

Koordinator Nasional Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN), Samukrah mengatakan kalau pihaknya meminta kepada Capres dan Cawapres untuk membuktikan kepeduliannya terhadap para pekerja dan petani tembakau di Indonesia.

“Sejauh ini tidak ada keseriusan dan ketegasan dari ketiga pasangan capres, dalam mengangkat nasib petani tembakau dan masa depan industri hasil tembakau,” kata Samukrah dalam keterangannya, Selasa, (6/2).

Kata dia, ada jutaan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pertembakauan, dan sangat menantikan komitmen serta gagasan para calon pemimpin Indonesia untuk menjaga keberlangsungan mata pencaharian mereka. 

“Hal ini sekaligus juga akan menjadi penentu pasangan calon mana yang akan dipilih, saat pencoblosan pada 14 Februari 2024,” ujarnya.

Samukrah mengatakan bahwa sektor pertembakauan di Indonesia sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja, akibat munculnya berbagai aturan yang bersifat pelarangan pada pasal-pasal tembakau di RPP Kesehatan. 

Baca Juga :  ANALIS MARKET (18/10/2023) : IHSG Diproyeksi Bergerak Sideways

Karena ini, para pekerja dan petani tembakau ini meminta perhatian dan komitmen dari para Capres dan Cawapres, untuk menunjukkan kepedulian serta gagasan positif terhadap nasib sektor pertembakauan di Indonesia.

Banyaknya pelarangan bagi produk tembakau di RPP Kesehatan, Samukrah mengatakan, dapat mengancam mata pencaharian, kesejahteraan, dan keberlangsungan pekerja dan petani tembakau.

“Bahkan, pelarangan tersebut juga berpotensi berimbas negatif ke pihak lain, termasuk pedagang, pelaku industri kreatif, dan media,” tukasnya.

 


https://pasardana.id/news/2024/2/7/petani-tembakau-minta-capres-cawapres-buktikan-kepeduliannya-terhadap-iht/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here