Home Bisnis MARKET Industri Kosmetik Lokal Semakin Moncer, Nilai Ekspor Tembus Rp9,2 Triliun

Industri Kosmetik Lokal Semakin Moncer, Nilai Ekspor Tembus Rp9,2 Triliun

48
0

Beritamu.co.id – Industri kosmetik Tanah Air memiliki potensi yang sangat besar.

Selain potensi pasar di Indonesia yang besar, ketersediaan sumber daya alam seperti tanaman herbal telah digunakan secara turun temurun untuk kesehatan dan produk kosmetik.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yanita mengungkapkan, nilai ekspor untuk jenis industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional pada Januari-Oktober telah menembus US$ 601,15 juta atau sekitar Rp 9,25 triliun (kurs Rp 15.400).

Capaian ini, sambung Reni, meningkat jika dibandingkan nilai ekspor pada periode yang sama tahun 2022 sebesar US$ 566,72 juta.

“Sedangkan untuk kontribusi industri kosmetik termasuk industri kimia, farmasi dan obat tradisional terhadap PDB pada kuartal III tahun 2023 mencapai 3,83%,” katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (28/11).

Menurut Reni, industri kosmetik di Indonesia semakin berkembang dengan memberikan berbagai produk inovatif bagi konsumen.

Hal ini seiring kesadaran masyarakat juga meningkat terhadap pentingnya merawat penampilan.

“Banyak merek kosmetik lokal yang terus terpacu untuk menghasilkan produk dengan teknologi dan tren kandungan terbaru sesuai kebutuhan masyarakat saat ini. Apalagi, dengan perkembangan zaman, produk kosmetik juga telah digunakan oleh berbagai segmen masyarakat, bahkan sudah tersedia produk kosmetik yang diformulasi secara khusus untuk kebutuhan bayi hingga laki-laki,” ujarnya.

Dia pun menyampaikan, bahwa selama ini, Ditjen IKMA rutin melakukan pembinaan dan pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM) kosmetik, di antaranya melalui program pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB), fasilitasi izin edar produk, fasilitasi mesin dan peralatan, promosi, peningkatan kompetensi sumber daya manusia, serta penerapan industri 4.0.

Baca Juga :  Bertambah 16, Jumlah Peserta BI-FAST jadi 122 Sejak Diluncurkan pada 2021

Selain program penguatan branding produk kosmetik, restrukturasi mesin dan peralatan, hingga pendampingan sertifikasi Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). 

“Dengan berbagai upaya ini, diharapkan dapat terbentuk ekosistem industri kosmetik mulai dari hulu sampai ke hilir,” ujarnya.

Dirjen IKMA menambahkan, sejak tahun 2019, Kemenperin aktif menyelenggarakan acara Cosmetic Day sebagai salah satu agenda tahunannya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan dan perkembangan industri kosmetik nasional, khususnya yang memanfaatkan bahan baku lokal.

Dalam upaya mempromosikan produk kosmetik lokal, Kemenperin bekerja sama dengan Stylo Indonesia selaku media digital Fashion, Beauty dan Lifestyle Indonesia menggelar acara Cosmetic Day 2023 yang berlangsung pada tanggal 24-26 November 2023 di Main Atrium Lantai 5 AEON Mall Tanjung Barat, Jakarta Selatan.

Cosmetic Day 2023 juga diharapkan dapat menjadi kesempatan bagi setiap pelaku industri kosmetik di Indonesia untuk memperluas pasarnya dan membangun jejaring baik dengan sesama pelaku industri maupun stakeholder terkait, serta dapat mendorong kecintaan masyarakat kepada produk-produk kosmetik nasional.

 


https://pasardana.id/news/2023/11/29/industri-kosmetik-lokal-semakin-moncer-nilai-ekspor-tembus-rp9-2-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here