Home Bisnis MARKET Global Melambat, Perekonomian Indonesia Diperkirakan Tumbuh 4,94% di 2024

Global Melambat, Perekonomian Indonesia Diperkirakan Tumbuh 4,94% di 2024

28
0

Beritamu.co.id – Bank Indonesia (BI) menyatakan, pertumbuhan ekonomi dunia melambat pada 2024 dengan ketidakpastian yang masih tinggi.

Namun, pertumbuhan ekonomi Indonesia sendiri diyakini akan melanjutkan kenaikannya.

Ekonomi Amerika Serikat (AS) masih tumbuh kuat didorong oleh konsumsi rumah tangga dan sektor jasa yang berorientasi domestik, sementara ekonomi Tiongkok membaik didukung oleh konsumsi dan dampak stimulus kebijakan fiskal.

Tahun ini, pertumbuhan ekonomi global ditaksir capai 2,9% dan melambat menjadi 2,8% pada tahun depan. Inflasi di negara maju masih di atas target dengan tekanan yang mulai mereda.

Dalam siaran pers hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia periode 22-23 November 2023, disebutkan bahwa dengan perkembangan inflasi ini, suku bunga kebijakan moneter termasuk Federal Funds Rate (FFR) diprakirakan bertahan tinggi dalam jangka waktu yang lama (higher for longer).

Sedangkan, yield obligasi Pemerintah negara maju, khususnya AS (US Treasury), naik tinggi karena premi risiko jangka panjang (term-premia) terkait tingginya kebutuhan untuk pembiayaan fiskal.

“Ketidakpastian pasar keuangan masih berlanjut dan berpengaruh terhadap volatilitas aliran modal dan tekanan nilai tukar di negara emerging market,” ujarnya.

Baca Juga :  TCPI Undang Pemodal Dengan Tawarkan 500 Juta Saham Baru

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap kuat didukung oleh permintaan domestik.

Kinerja ekonomi triwulan III 2023 tumbuh sebesar 4,94% (yoy), ditopang oleh kuatnya konsumsi rumah tangga dan meningkatnya investasi di tengah turunnya konsumsi Pemerintah dan kinerja ekspor.

Pertumbuhan juga didukung oleh kinerja positif sebagian besar Lapangan Usaha (LU), terutama LU Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, serta Konstruksi. Secara spasial, seluruh wilayah masih tumbuh kuat, tertinggi di wilayah Sulawesi-Maluku-Papua (Sulampua).

Pertumbuhan ekonomi diprakirakan tetap baik pada triwulan IV 2023, tecermin pada beberapa indikator dini seperti keyakinan konsumen, ekspektasi penghasilan, dan Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur.

Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi 2023 diprakirakan dalam kisaran 4,5-5,3%.

Adapun pertumbuhan ekonomi 2024 diprakirakan meningkat didorong oleh tetap baiknya keyakinan konsumen, positifnya pengaruh pelaksanaan Pemilu, dan berlanjutnya pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN).

 


https://pasardana.id/global-melambat-perekonomian-indonesia-diperkirakan-tumbuh-4-94-di-2024/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here