Home Bisnis MARKET NPGF Tutupi Tagihan Dengan Jual Aset Senilai Rp275 Miliar

NPGF Tutupi Tagihan Dengan Jual Aset Senilai Rp275 Miliar

10
0

Beritamu.co.id – PT Nusa Palapa Gemilang Tbk (IDX: NPGF) akan menjual aset berupa tanah, bangunan dan pabrik pupuk senilai Rp275 miliar kepada PT Abadi Agrosindo Persada yang bukan pihak terafiliasi.

Keterangan resmi emiten produsen pupuk itu pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (24/1/2023) menyebutkan bahwa, dana hasil penjualan aset itu untuk melunasi sebagian besar utang bank senilai Rp104 miliar, utang kepada pemasok sebesar Rp27 miliar, utang pajak, dan pesangon karyawan.

“Pelunasan utang bank akan mengurangi beban bunga secara signifikan sehingga akan langsung memberi dampak positif terhadap laba bersih. Sedangkan pelunasan atas saldo utang kepada supplier sudah sangat mendesak untuk segera dilakukan karena sudah berumur lebih dari 1 tahun dan berpotensi menimbulkan gugatan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) dan tuntutan pailit,” papar manajemen NPGF.

Sedangkan sisa dana hasil penjualan itu setelah dikurangi PPN dan utang PPh akan digunakan untuk membangun pabrik baru serta modal kerja.

Dijelaskan, penjualan lahan dan pabrik Itu tidak akan mengganggu kegiatan operasional karena dalam memenuhi permintaan pupuk NPK, sementara ini Perseroan menjalin kerjasama dengan maklon, menggunakan fasilitas pabrik perusahaan lain.

Baca Juga :  Kemen PUPR Butuh Rp300 Triliun Untuk Bereskan Perlintasan Kereta Api

Pada saat yang sama, pabrik baru pupuk Mikro dan Briket akan mulai beroperasi pada kuartal I tahun 2023, karena Perseroan telah memproduksi dan menjual pupuk Mikro dan Briket pada saat di pabrik sebelumnya, sehingga prosesnya lebih cepat sedangkan pabrik pupuk dry granulation yang menghasilkan pupuk NPK Granul Flake dan pupuk Mikro Granul Flake akan selesai dan dapat beroperasi di bulan April 2023.

Adapun transaksi material ini akan rampung pada tanggal 25 Januari 2023, atau mundur dari rencana sebelumnya, yaitu pada tanggal 10 Desember 2022.

 

 

 


https://pasardana.id/news/2023/1/24/npgf-tutupi-tagihan-dengan-jual-aset-senilai-rp275-miliar/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here