Home edukasi Enggak Perlu ke Bengkel, Ini Jenis-Jenis Perawatan Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri...

Enggak Perlu ke Bengkel, Ini Jenis-Jenis Perawatan Motor yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

3
0
Septian Pamungkas

Beritamu.co.id, Jakarta – Banyak aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengisi hari libur. Salah satunya melakukan perawatan pada sepeda motor kesayangan.

Langkah pertama yang mudah dilakukan adalah membersihkannya. Dengan mencuci motor secara bersih dan detail serta melalui proses pengeringan yang benar, selain tampilannya terjaga serta enak dipandang mata, bodi motor juga terhindar dari jamur dan menimalisasi korosi pada komponen besi.

Perawatan lain yang Anda bisa melakukan adalah dengan memeriksa tekanan angin ban. Sebagai komponen paling vital pada kendaraan karena bersinggungan langsung dengan permukaan jalan, kondisi ban harus benar-benar diperhatikan.

Pastikan tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Pasalnya, jika tekanan angin ban kurang ataupun berlebih dapat memengaruhi stabilitas berkendara, usia pakai ban, hingga konsumsi BBM.

Jika tidak mengerti soal perawatan mesin, masih ada beberapa bagian penunjang kinerja dapur pacu yang bisa Anda oprek sendiri, seperti membersihkan busi, filter udara, dan juga mengganti oli mesin.

Membersihkan filter udara idealnya dilakukan tiap 10.000-16.000 kilometer. Lakukan penggantian bilamana kondisi filter sudah terlalu kotor sehingga sulit untuk dibersihkan.

Baca Juga :  Motor Habis Terabas Genangan Air, Segera Bersihkan Lima Komponen Ini

Filter udara sendiri memiliki peran cukup penting karena fungsinya sebagai pemasok udara bersih ke ruang bakar. Apabila kondisinya kotor, udara yang tersalur tidak akan optimal atau malah akan bercampur dengan kotoran.

Seperti halnya filter udara, pengecekan kondisi busi dapat dilakukan sendiri. Setelah membukanya dengan kunci busi, cek secara menyeluruh dan bersihkan apabila terdapat bagian kepala busi sudah menghitam.

Kondisi busi yang kotor membuat penyaluran listrik dari elektroda menjadi terhambat.

Untuk membersihkannya, direkomendasikan menggunakan bensin lalu disikat menggunakan sikat halus lalu disemprot angin kompresor atau dikeringkan menggunakan kain. Pastikan lagi busi tersebut bersih dan kering sebelum dipasang kembali.

 

https://www.liputan6.com/otomotif/read/5073173/enggak-perlu-ke-bengkel-ini-jenis-jenis-perawatan-motor-yang-bisa-dilakukan-sendiri-di-rumah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here