Home Bisnis MARKET Menko Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dari Korsel dan Jepang

Menko Airlangga Sebut Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Lebih Baik Dari Korsel dan Jepang

14
0

Beritamu.co.id – Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Airlangga Hartato mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2021 yang tumbuh 7,07 persen secara tahunan (year on year/yoy) lebih baik dari (pertumbuhan ekonomi) Jepang dan Korea Selatan.

Sebagai informasi, pertumbuhan ekonomi Jepang pada kuartal kedua minus 1,6 persen, sedangkan Korea Selatan (Korsel) +5,96 persen.

“Bulan Mei hingga Juni perekonomian Indonesia tumbuh 7,07 persen secara year on year. Ini pertumbuhan yang tinggi dibandingkan negara tetanga lainnya, seperti Vietnam hanya 6,6 persen, Korea Selatan 5,96 persen, dan Jepang minus 1,6 persen,” kata Airlangga dalam video virtual, Kamis (5/8/2021).

Lebih lanjut Airlangga menyebutkan, pertumbuhan terjadi karena komponen pengeluaran atau agregat demand sudah tumbuh positif di kuartal II.

Tercatat, ekspor impor tumbuh 31,78 persen (yoy) dan 31,22 persen (yoy) karena permintaan domestik dan global yang melesat. Sementara konsumsi pemerintah tumbuh 8,06 persen (yoy).

“Dan ini seiring dengan komitmen pemerintah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” tutur Airlangga.

Baca Juga :  Wall Street “Mixed”, Bursa Eropa Menguat

Sementara itu, Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, Pulau Jawa memberikan kontribusi terbesar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada kuartal II 2021 ini.

Adapun, kontribusi PDB di Jawa dalam ekonomi nasional sebesar 57,92%. Adapun, PDB di Pulau Jawa tumbuh 7,88 persen.

Kontribusi terbesar berikutnya disumbang oleh Pulau Sumatera sebesar 21,73 persen, yang mampu tumbuh 5,27 persen.

Namun jika dilihat dari pertumbuhannya, ekonomi dengan pertumbuhan tertinggi adalah Maluku dan Papua mencapai 8,75 persen.

Saat ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia berasal dari konsumsi rumah tangga sebesar 3,17 persen,

Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi 2,3 persen, ekspor setelah dikurangi impor 0,98 persen, konsumsi pemerintah 0,61 persen, dan sisanya 0,01 persen dari konsumsi lembaga non-profit pendukung rumah tangga.

“Sektor supply semua sektor tumbuh positif menunjukkan perbaikan akibat meningkatnya permintaan domestik. Di sektor transportasi serta akomodasi, makanan, minuman tumbuh tinggi masing-masing 25,1 persen dan 21,58 persen karena mobilitas mulai tinggi,” pungkas Airlangga.

 


https://pasardana.id/news/2021/8/6/menko-airlangga-sebut-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-lebih-baik-dari-korsel-dan-jepang/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here