Home edukasi Tips Membersihkan Karburator Motor di Rumah Saat PPKM Darurat

Tips Membersihkan Karburator Motor di Rumah Saat PPKM Darurat

23
0
Arief Aszhari

BeritaMu.co.id, Jakarta – Pemerintah Indonesia menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat untuk menekan kasus COVID-19. Jika tidak ada kebutuhan yang penting, berdiam diri di rumah menjadi pilihan terbaik saat ini.

Bagi pemilik motor, untuk mengisi waktu luang saat di rumah saja bisa melakukan kegiatan yang positif, seperti merawat kendaraan kesayangan. Salah satunya, adalah membersihkan karburator roda dua, agar saat digunakan performanya tetap bisa terjaga.

Karburator sendiri terkadang bisa mengalami gangguan, seperti kotor. Jika sudah begitu, pastinya mengurangi pembakaran yang baik dan dapat menyebabkankerusakan, seperti tersendat-sendat dan motor susah dihidupkan.

Berikut ini cara membersihkan karburator yang benar, seperti disitat dari laman resmi Federal Oil:

1. Lepaskan Dulu Karburator Dari Dudukan

Baca Juga :  Trik Menghilangkan Background di Photoshop

Pertama harus melepaskan dulu karburator dari dudukan, kemudian dudukan posisinya. Sebelumnya pemilik harus menyiapkan dulu alat atau kunci untuk melepaskan karburator. Hati-hati ketika ingin melepaskan karburator

2. Buka Mangkuk Karburator dan Bersihkan

Selanjutnya buka mangkok karburator motor dengan melepas semua baut pengaitnya. Lalu lihat apakah ada endapan atau bagian yang terkontaminasi. Jika memang kotor, bersihkan menggunakan kuas lembut lalu bilas menggunakan bensin agar lebih bersih.

3. Lepas dan Bersihkan Pilot Jet

Kemudian Anda harus lepaskan bagian pilot jet, main jet dan juga needle jet dari karburator motor. Sebaiknya anda lepaskan dengan hati-hati lalu segera bersihkan dengan cara meniupnya. Akan lebih mudah jika anda menggunakan kompresor dibandingkan harus meniup manual.

https://www.liputan6.com/otomotif/read/4609870/tips-membersihkan-karburator-motor-di-rumah-saat-ppkm-darurat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here