Home Bisnis MARKET Harapan Mendag dari Program S’RASA : Perkuat Branding Kuliner RI di Mancanegara

Harapan Mendag dari Program S’RASA : Perkuat Branding Kuliner RI di Mancanegara

3
0

Beritamu.co.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Budi Santoso menyatakan pemerintah telah menyiapkan konsep pelaksanaan Program Rasa Rempah Indonesia (S’RASA). Langkah awal dari konsep ini akan dilakukan di lima kota di negara utama.

“Kami sudah menyiapkan konsepnya nanti kita akan melakukan pelaksanaan di lima negara, lima kota, lima restoran. Pertama di New York, London, Amsterdam, Tokyo, Sydney, jadi nanti ada tim yang akan melakukan itu,” ujar Budi, dalam acara Peluncuran Program Rasa Rempah Indonesia (S’RASA) di Sarinah, Jakarta, Kamis (28/8).

Sambung Budi, setiap kementerian memiliki komitmen yang sama dalam menjalankan program ini. Komitmen tersebut dituangkan dalam nota kesepahaman bersama.

“Kemudian tentunya akan ada standar, konsep, tapi kami masing-masing K/L, masing-masing kementerian mempunyai komitmen bersama. Kemudian dituangkan dalam MoU untuk bagaimana mewujudkan cita-cita kita bersama,” ucanya.

Dia menegaskan, program ini tak hanya sekedar soal makanan. Program ini juga menampilkan cita rasa, warisan budaya, dan identitas bangsa.

“Membuat restoran kita, ya tidak hanya mengenai tadi disampaikan, tidak hanya mengenai makanan. Tapi juga cita rasa, warisan budaya dan tentunya nanti ini impactnya bisa kemana saja,” katanya.

Baca Juga :  Harga Minyak Dunia Naik Seiring Meningkatnya Ketegangan di Timur Tengah

Dia juga berharap peluncuran dari program ini dapat semakin memperkuat branding kuliner Indonesia di mancanegara. Bagaimana tidak, kata Budi, rempah atau bumbu masakan Indonesia mendapatkan respons yang baik dari pasar internasional.

“Ekspor rempah kita semester pertama itu meningkat 49 persen, jadi sangat tinggi,” ujar Budi.

Diungkap Budi, rempah Indonesia selama ini menjadi kebutuhan bagi banyak restoran di berbagai dunia. Tak hanya itu, eksistensi restoran-restoran Indonesia di luar negeri pun diharapkan bisa ikut lebih maju dengan adanya program inoi.

“Kita ingin mencoba mendukung ekspor tapi penggunanya untuk kepentingan branding, restoran kita, itu salah satu tujuannya,” tukas Budi.


https://pasardana.id/news/2025/8/29/harapan-mendag-dari-program-srasa-perkuat-branding-kuliner-ri-di-mancanegara/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here