“Peluncuran layanan ini menjadi salah satu upaya kami dalam menghadirkan nilai tambah bagi para pengguna jasa kami, khususnya untuk pengiriman barang import serta transaksi e-commerce,” kata Irfan lewat pernyataan tertulisnya.
Irfan menjelaskan, salah satu upaya Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk terus berinovasi memaksimalkan layanan pengiriman logistik yang aman dan terpercaya, guna menghadirkan aksesibilitas kargo yang seamless serta selaras dengan perkembangan pesat sektor e-commerce di Indonesia.
Dia menuturkan, layanan tersebut membuat pengiriman barang logistik impor dan e-commerce akan ditunjang dengan sistem dan peralatan terbaru yang terintegrasi dengan smart conveyer belt.
“Ini terhubung langsung dengan sistem bea cukai sehingga proses pelayanan import akan lebih cepat daripada sebelumnya,” jelas Irfan.
Diyakini Irfan, kolaborasi strategis bersama stakeholder penunjang dan mitra usaha seperti Perigi Logistics memegang peranan penting dalam peningkatan kapabilitas layanan kargo Garuda Indonesia. Khususnya untuk semakin berdaya saing dalam mendukung peningkatan aksesibilitas jaringan sistem logistik nasional.
“Kerja sama ini juga menjadi refleksi soliditas ekosistem pelaku industri logistik nasional dalam mendukung transformasi digital infrastruktur kargo udara di Indonesia,” ujar Irfan.
Sementara itu, Direktur Utama PT Perigi Jasa Terpadu Indra Buana mengungkapkan bahwa dalam empat tahun terakhir pertumbuhan e-commerce mencapai 500 persen. Tak hanya berpengaruh pada e-commerce itu sendiri, perkembangan tersebut pun membawa dampak positif kepada industri-industri pendukungnya, salah satunya adalah industri logistik.
“Berangkat dari visi yang sama untuk memberikan layanan pengiriman barang impor serta e-commerce yang aman dan efektif,” ungkap Indra.
Indra kemudian berharap bahwa kerja sama tersebut dapat mengoptimalkan layanan bea cukai. Khususnya dalam rangka peningkatan pertumbuhan pengiriman e-commerce yang saat ini perkembangan e-commerce sedang melesat tinggi.
“Dengan tingginya pengiriman barang impor saat ini khususnya e-commerce, maka pengembangan sistem baru ini akan jauh lebih memudahkan proses penanganan barang dan pengiriman di warehouse perusahaan Jasa Titipan. Selain itu lebih cepat dan terukur sehingga sistem data lebih dapat dimonitor dan diakses oleh para stakeholder yaitu bea cukai,” terang Indra.
Maka dari itu, kata Indra, untuk mengantisipasi tingginya pengiriman barang seiring dengan naiknya belanja di e-commerce, Perigi Logistics mempersiapkan dari sisi teknologi.
“Proses menjadi lebih cepat, transparan, dan terukur. Serta yang lebih penting adalah Bea dan Cukai dapat melakukan pengawasan dan menerima pelaporan Tempat Penimbunan Sementara (TPS) Online secara real time,” ungkap Indra.
Lebih lanjut dia menambahkan, melalui kemitraan tersebut, Garuda Indonesia dan Perigi Raja Terpadu sepakat untuk mengoptimalkan potensi bisnis pengiriman barang impor. Hal tersebut dilakukan dengan mengembangkan kerja samanya melalui sistem yang terintegrasi.
“Ini akan memberikan dampak yang positif bagi industri pendukung lainnya serta mendukung dalam mengamankan penerimaan negara berupa Pajak Dalam Rangka Impor,” tandas Indra.
https://pasardana.id/news/2021/8/13/maksimalkan-layanan-pengiriman-logistik-garuda-indonesia-bangun-gudang-warehouse/