Beritamu.co.id – Trade Expo Indonesia (TEI) ke-39 siap menghadirkan empat program unggulan untuk menyukseskan upaya promosi produk ekspor Indonesia guna meningkatkan kinerja ekspor nasional.
TEI ke-39 akan digelar pada 9-12 Oktober 2024 di Indonesia Convention Exhibiton (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten dengan mengusung tema “Build Strong Connection with the Best of Indonesia”.
“TEI ke-39 siap menggelar empat program unggulan, yaitu ASEAN Sustainability Conference, seminar dan forum, konseling bisnis (business counseling), dan penjajakan bisnis (business matching),” urai Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Mardyana Listyowati dalam keterangannya, Jumat (04/10).
Program unggulan pertama, yaitu; ASEAN Sustainability Conference yang menghadirkan para tokoh terkemuka yang berasal dari Kementerian Perdagangan, Institute for Sustainability & Agility, Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA), Tony Blair Institute, The UN Global Compact Network Indonesia (IGCN), Bank Mandiri, PTT Oil & Retail Business Public Comp Ltd., Chargecore Global PTE. LTD., COO Hyundai Motors Indonesia, Secondmuse, Enviu Indonesia, United Nations Development Program (UNDP), B-Corp, United Nations Economic and Social Commission for Asia and the Pacific (UNESCAP), Indonesia Business Council for Sustainable Development (IBSCD), dan Koltiva.
Program unggulan kedua, yaitu seminar dan forum bisnis yang akan diselenggarakan selama pameran berlangsung. Gagasan tentang tren dan informasi terkini agar pelaku usaha dapat bersaing di pasar global akan disampaikan pada seminar dan forum bisnis.
Program unggulan ketiga, yaitu business counselling yang akan dilaksanakan pada 11 Oktober 2024, atau hari ke-3 TEI 2024.
Business counselling akan dilaksanakan pada pukul 08.30-15.30 WIB.
Business counselling bertujuan untuk membantu peserta TEI, khususnya para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), untuk berkonsultasi langsung dengan para perwadag.
Sementara, untuk Program unggulan keempat, yaitu business matching yang akan mempertemukan para peserta TEI 2024 dengan para pembeli (buyers) luar negeri selama pameran berlangsung.
Melalui business matching, akan tercipta kontak dagang, kontrak dagang, dan jejaring pemasaran ke mancanegara.
Hingga akhir September 2024, berdasarkan rekapitulasi dari aplikasi pendaftaran business matching yang dilakukan para perwakilan Indonesia di luar negeri, tercatat sebanyak 155 permintaan dari 117 calon buyers yang berasal dari 14 negara yaitu Polandia, Pakistan, Filipina, Mesir, Taiwan, Afrika Selatan, Serbia, Korea, India, Jepang, Malaysia, Hongkong, Arab Saudi, dan Sudan.
https://pasardana.id/article/2024/10/4/digelar-di-ice-bsd-pada-9-12-oktober-inilah-4-program-unggulan-tei-2024/