Home Bisnis MARKET UMKM Lokal Wilayah Operasional Dapat Dukungan Rumah BUMN Tembus Pasar Nasional

UMKM Lokal Wilayah Operasional Dapat Dukungan Rumah BUMN Tembus Pasar Nasional

7
0

Beritamu.co.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus berupaya memaksimalkan peran dan sumbangsih perusahaan BUMN bagi masyarakat luas, terutama yang berada di sekitar wilayah operasional masing-masing.

Upaya tersebut dilakukan melalui wadah Rumah BUMN yang dikelola oleh masing-masing perusahaan BUMN, dengan beragam program pendampingan dan edukasi terkait pengelolaan keuangan, strategi marketing, penguatan brand hingga dukungan pemasaran.

Tak terkecuali yang juga dilakukan PT Semen Indonesia Tbk (IDX: SMGR), atau SIG, melalui Rumah BUMN Rembang, yang mendorong para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah tersebut untuk dapat berkembang dan menembus pasar nasional.

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni, sebagai perusahaan BUMN, SIG berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan dan pengembangan UMKM melalui berbagai program pembinaan, untuk menggerakkan perekonomian daerah.

“UMKM memegang peranan penting dalam perekonomian karena mendukung pemberdayaan masyarakat dalam hal pengentasan pemasalahan sosial seperti pengangguran dengan membuka lapangan pekerjaan,” ujar Vita dalam keterangan resminya yang dikutip pada Minggu (20/9).

Baca Juga :  BBRI Lakukan Program Bersih-Bersih Kali di Berbagai Wilayah di Indonesia

Vita berharap, dengan pendampingan yang berkelanjutan, akan lebih banyak UMKM dapat berkembang, berdaya saing, mandiri dan mampu menembus pasar nasional hingga global, sehingga mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi bangsa dan negara.

Selama empat tahun, RB Rembang telah membantu lebih dari 400 mitra UMKM dan mencatatkan transaksi senilai Rp3,9 miliar.

Melalui pelatihan dan pendampingan, RB Rembang terus menjadi mitra strategis bagi para pengusaha lokal yang ingin mengembangkan usahanya, seperti yang dialami Ahmad Soffa, pegiat UMKM asal Rembang yang mengembangkan usaha sirop dari buah kawista.

Soffa mengaku, memulai usaha produksi sirop kawista dengan merk Sonaya pada Agustus 2023 lalu.

Berbekal resep turunannya itu yang diproduksi untuk konsumsi pribadi, kini Soffa mampu menjual hingga 4.000 botol sirop kawista dalam setahun, dengan harga Rp19.000 per botol sirop.

Soffa pun berharap, produknya dapat dinikmati oleh masyarakat luas sebagai bentuk pelestarian buah khas Rembang.

 


https://pasardana.id/news/2024/9/23/umkm-lokal-wilayah-operasional-dapat-dukungan-rumah-bumn-tembus-pasar-nasional/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here