Home Bisnis MARKET Mentan Targetkan Produksi Beras Bulan September Capai 2,8 Juta Ton

Mentan Targetkan Produksi Beras Bulan September Capai 2,8 Juta Ton

7
0

Beritamu.co.id – Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) disebutkan bahwa produksi beras nasional bakal memecahkan rekor tertinggi selama 10 tahun di September 2024.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (26/8) menyampaikan, produksi beras pada bulan tersebut ditargetkan bisa mencapai 2,8 juta ton.

“Ini September 2,8 juta ton sebelumnya tidak pernah terjadi. Di bulan September karena gerakan pompa, gerakan oplah tidak pernah terjadi 10 tahun, ini yang terbaca 5 tahun,” terangnya.

Dia melanjutkan, produksi beras di September ini juga lebih tinggi dibandingkan bulan Juni dan Juli. Hanya saja, lebih rendah saat panen raya di Mei yang mencapai 3,6 juta ton.

“Kemudian Agustus 2,8 juta ton, ini tiga sampai empat tahun terakhir tertinggi. Ini Oktober data BPS, ini Oktober 2,5 juta tertinggi selama 5 tahun hasil pompa kita,” ujarnya.

Amran akui kalau fenomena El nino yang membuat cuaca kering berkepanjangan jadi biang kerok lesunya produksi beras. Kondisi ini, kata dia, akan terus berlanjut untuk ke depannya.

Baca Juga :  Incar Dana Rp3 Triliun, Barito Pacific Terbitkan Obligasi Tahap I Rp1 Triliun

“Ada surat tertulis BMKG tembuskan ke Presiden kemudian ke Menteri, ada tekanan. Kalau kita tidak lakukan pompanisasi, oplah, kami pastikan impor 3 juta ton itu bisa 5 sampai 7 juta ton. Kita harus siapkan karena melihat kenyataan di lapangan terlalu banyak masalah yang kita hadapi, iklim El Nino overlap dengan kekeringan,” tukas Amran.


https://pasardana.id/news/2024/8/27/mentan-targetkan-produksi-beras-bulan-september-capai-2-8-juta-ton/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here