Beritamu.co.id- PT Prodia Widyahusada Tbk (IDX: PRDA) akan membagikan dividen tunai sebesar Rp165,97 per lembar kepada pemodal paling lambat sebulan mendatang.
Dengan demikian nilai total pembayaran dividen sebesar Rp 155,6 miliar atau 60 persen dari laba bersih tahun 2023 sebesar Rp259,87 miliar.
Direktur Utama PRDA, Dewi Muliaty mengatakan, perseroan akan melanjutkan riwayat rasio pembagian dividen yang sama dengan periode sebelumnya.
“Konsistensi rasio pembagian dividen ini merupakan komitmen kami serta apresiasi atas kepercayaan para pemangku kepentingan yang telah diberikan terhadap kinerja Perseroan dalam satu tahun terakhir,” ujar dia terkait hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun buku 2023, Kamis(18/4/2024).
Ia melanjutkan, dividen itu buah dari pendapatan sebesar Rp 2,22 Triliun di tahun 2023 atau naik sekitar 2 persen secara tahunan.
“Prodia berhasil mempertahankan kinerja positifnya dan membukukan profit di tahun 2023. Pencapaian ini berkat konsistensi yang dipertahankan yaitu ragam inovasi pengembangan tes laboratorium, peluncuran aplikasi U by Prodia oleh anak usaha Perseroan, serta upaya ekspansi Prodia dengan terus melakukan penetrasi pasar dengan penambahan jejaring outletnya.” Ungkap Dewi.
Sepanjang tahun 2023, ulas dia, jumlah kunjungan mencapai angka lebih dari 2,83 juta, dengan jumlah volume penjualan yang lebih dari 20,5 juta.
Pada tahun yang sama, dia bilang, Prodia telah mengembangkan 18 tes baru dari Next-Generation Lab mulai dari tes diagnosis, terapi target, farmakogenomik, serta preventif &prediktif. Untuk mewujudkan upaya akselerasi digital, Prodia telah terus mengoptimalkan fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi U by Prodia dan Prodia Mobile for Doctor.
“Penerapan bisnis yang mengedepankan prinsip customer centric, pendekatan edukatif kepada pelanggan dan masyarakat, serta berbagai upaya dalam mempertahankan posisi sebagai center of excellence laboratorium diagnostik di Indonesia, juga menjadi kunci ketahanan Prodia dalam menjalankan praktik bisnisnya hingga saat ini.”terang dia.
Ia menegaskan, Prodia akan menerapkan strategi bisnis dengan mendorong pendekatan kepada pelanggan, baik konsumen maupun korporasi, mengoptimalkan layanan Prodia Anywhere Services, ekspansi layanan klinik dan gerai perseroan, meningkatkan kontribusi transaksi digital melalui pengembangan aplikasi dan fitur-fitur U by Prodia,dan terus mengedukasi kesehatan pelanggan dan masyarakat, serta mengkokohkan bisnis Prodia ke arah praktik bisnis berbasis ESG.
https://pasardana.id/news/2024/4/18/prodia-akan-tebar-dividen-rp165-97-per-saham/