Home Bisnis MARKET Mendag: Setelah Revitalisasi, Pasar Tematik Cheng Hoo akan Jadi Destinasi Wisata Unggulan

Mendag: Setelah Revitalisasi, Pasar Tematik Cheng Hoo akan Jadi Destinasi Wisata Unggulan

13
0

Beritamu.co.id – Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur akan segera berubah wajah.

Kawasan tempat peristirahatan atau rest area sekaligus pusat belanja oleh-oleh tengah direvitalisasi.

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan melakukan peletakan batu pertama revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, pada Rabu, 31 Januari 2024

Dalam sambutannya, Mendag mengatakan, pembangunan Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo akan mengembangkan potensi wisata dan meningkatkan perekonomian Jawa Timur, khususnya Kabupaten Pasuruan.

Sebagai informasi, revitalisasi Pasar Tematik Wisata Cheng Hoo menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan anggaran sebesar Rp60 miliar.

“Pasar yang didesain dengan mengakomodasi budaya Tionghoa ini direncanakan dapat menampung sebanyak 330 pedagang,” ujar menteri yang akrab disapa Zulhas itu.

Mendag menambahkan, pasar ini akan memadukan unsur budaya, religi, dan juga wisata. Sehingga nantinya, bisa menjadi destinasi andalan di Jawa Timur khususnya di Pasuruan.

Selain itu, lanjut Zulhas, pasar tematik wisata Cheng Hoo ini juga memiliki lokasi yang strategis.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (04/8/2023) : IHSG Masih Akan Bergerak Sideways di Level 6850 - 6950

Pasalnya, lokasinya yang berdekatan dengan beberapa destinasi wisata dan jalur Surabaya-Malang.

“Bisa dilihat sangat ramai karena memang berada di jalur wisata dan lalu lintas padat,” tegasnya.

Ditargetkan, revitalisasi pasar tematik wisata Cheng Hoo ini akan segera rampung pada bulan September mendatang.

“Targetnya September sudah rampung, lambat-lambat ya ya Oktober lah. Biar seluruh pedagang segera merasakan dampaknya,” katanya.

Senada dengan Zulhas, Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto mengatakan bahwa nantinya setelah dibangun akan ada penambahan lapak.

Penambahan lapak ini meningkat sekitar dua kali lipatnya, yang mulanya 165 menjadi 330 kios.

“Tentunya tidak melupakan pesan sejajarnya dengan desain bangunan tiongkok. Pastinya dengan model one stop service jadi semuanya kami sediakan di pasar tematik wisata Cheng Hoo ini,” katanya, seperti dikutip dari laman resmi Pemkab Pasuruan.

 


https://pasardana.id/mendag-setelah-revitalisasi-pasar-tematik-cheng-hoo-akan-jadi-destinasi-wisata-unggulan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here