Home Bisnis MARKET UNTR Akan Borong 19,9 Persen Saham Emiten Nikel Senilai 942 Juta Dolar...

UNTR Akan Borong 19,9 Persen Saham Emiten Nikel Senilai 942 Juta Dolar Australia

22
0

Beritamu.co.id – PT Danusa Tambang Nusantara, anak usaha PT United Tractors Tbk (IDX: UNTR) akan membeli sebanyak 857 juta lembar saham atau 19,9 persen saham biasa baru yang dikeluarkan oleh Nickel Industries Limited.

Mengutip keterangan resmi emiten grup Astra ini pada laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (9/6/2023), bahwa nilai pembelian tersebut setara dengan 942,7 juta dolar Australia.

“Tujuan rencana ini, sebagai bagian dari strategi berkesinambungan di bidang nikel dan melanjutkan pengembangan lebih luas dari grup usaha dalam supply chain kendaraan listrik di Indonesia. Investasi ini bermaksud untuk mencapai target Perseroan untuk melakukan diversifikasi pendapatan dari sektor usaha non-batubara,” papar manajemen UNTR.

Untuk diketahui, perusahaan sasaran yang terdaftar di Bursa Efek Australia ini bergerak dalam bidang penambangan dan pengolahan nikel terintegrasi dengan operasinya berada di Sulawesi dan Halmahera, Indonesia.

Dijelaskan, penyelesaian transaksi ini tunduk pada terpenuhinya syarat-syarat pendahuluan sebagaimana diatur dalam Perjanjian Pengambilan Bagian termasuk persetujuan dari pemegang saham Nickel Industries Limited.

Baca Juga :  Menperin Targetkan Penjualan Domestik Motor Listrik 2023 Capai 6,1 Juta Unit

Kemudian, pembeli dan penjual akan menggunakan usaha yang wajar untuk melakukan pemenuhan syarat-syarat pendahuluan sebelum tanggal akhir selambat-lambatnya pada 29 September 2023.

Setelah transaksi itu rampung, Danusa Tambang Nusantara dapat membeli 20 persen saham pada suatu perusahaan yang akan membangun pabrik pengolahan HPAL di Sulawesi, Indonesia.

Keputusan untuk melakukan pembelian tersebut bergantung antara lain pada pemenuhan prasyarat tertentu dan penyelesaian uji tuntas yang dapat diterima PT Danusa Tambang Nusantara.

 


https://pasardana.id/news/2023/6/9/untr-akan-borong-19-9-persen-saham-emiten-nikel-senilai-942-juta-dolar-australia/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here