Home Bisnis MARKET Pefindo Resmi Sematkan Gagal Bayar Pada Obligasi Berkelanjutan IV WSKT

Pefindo Resmi Sematkan Gagal Bayar Pada Obligasi Berkelanjutan IV WSKT

15
0

Beritamu.co.id Pefindo  menurunkan peringkat Obligasi Berkelanjutan IV PT Waskita Karya Tbk (IDX: WSKT) menjadi idD atau gagal bayar dari sebelumnya idCCC, dan berlaku sejak 8 Mei hingga 1 Oktober 2023.

Dalam hasil ikhtisar pemeringkatan tanggal 9 Mei 2023 disebutkan, penurunan peringkat itu dipicu ketidakmampuan WSKT dalam melunasi kupon obligasi yang jatuh tempo pada tanggal 6 Mei 2023.

“Kami menilai, WSKT tidak akan melakukan pembayaran kupon sampai dengan masa remedial 14 hari kerja sebagaimana diatur dalam perjanjian perwalimanatan, setelah pemegang obligasi tersebut menolak permohonan Perusahaan untuk menunda pembayaran kupon yang jatuh tempo,” tulis manajemen Pefindo.

Dalam hasil pemeringkatan itu, Pefindo juga menurunkan peringkat perusahaan BUMN karya itu menjadi idSD atau gagal tertentu dari idCCC.

Pada saat yang sama, Pefindo menegaskan peringkat untuk Obligasi Berkelanjutan III WSKT di idCCC mengingat WSKT telah mendapatkan persetujuan dari pemegang obligasi untuk menunda pembayaran kupon sampai dengan tanggal 16 Juni 2023, 28 Juni 2023, dan 16 Agustus 2023, masing-masing untuk tahap II, tahap III, dan tahap IV.

Baca Juga :  Pola Transaksi Saham MKPI dan ERTX Masuk UMA

Pefindo juga menegaskan peringkat untuk Obligasi III dan Obligasi IV WSKT di idAAA(gg) serta Sukuk Mudharabah I di idAAA(sy)(gg) yang mencerminkan jaminan penuh, tanpa syarat, dan tidak dapat dibatalkan dari Pemerintah Indonesia.

Kreditur telah mengijinkan WSKT untuk tetap memenuhi kewajiban keuangan atas surat utang dengan penjaminan Pemerintah dan Perusahaan telah mengalokasikan dana untuk membayar kewajiban kupon Sukuk dan Obligasi dengan penjaminan yang akan segera jatuh tempo.

 


https://pasardana.id/news/2023/5/9/pefindo-resmi-sematkan-gagal-bayar-pada-obligasi-berkelanjutan-iv-wskt/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here