Home Bisnis MARKET Sumber Kerugian GoTo Tahun 2022 Didominasi Faktor Non-Kas

Sumber Kerugian GoTo Tahun 2022 Didominasi Faktor Non-Kas

18
0

Beritamu.co.id-PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (IDX:GOTO) menyatakan sumber kerugian  di tahun 2022 lebih banyak disebabkan oleh aspek Non kas dan efek dari kebijakan yang hanya dibukukan sekali. 

Mengutip rilis resmi GoTo, beberapa aspek non kas tersebut diantaranya adalah goodwill impairment senilai Rp 11 triliun, investasi di JD, peningkatan beban kompensasi berbasis saham akibat penyesuaian asumsi masa kerja karyawan, serta beban restrukturisasi.

“Hal ini tidak merefleksikan kinerja operasional perseroan,” jelas manajemen GoTo dalam rilis resminya, Senin (20/3).

Secara operasional, kinerja Grup GoTo justru menunjukkan kinerja yang sangat kuat. Pendapatan bruto segmen On Demand Services pada tahun 2022 naik 32 persen menjadi Rp 13,6 triliun secara tahunan.

Segmen E-Commerce mencatat pendapatan bruto sebesar Rp 8,6 triliun, naik 38 persen secara tahunan.

Sementara  segmen Financial Technologi Services meraih pendapatan bruto sebesar Rp 1,7 triliun, tumbuh 43 persen secara tahunan.  

Secara kumulatif, total pendapatan bruto GOTO pada tahun 2022 mencapai Rp22,9 triliun. Angka ini meningkat sebesar Rp5,9 triliun dibandingkan Rp17,0 triliun pada tahun 2021. Sehingga berdampak terhadap pendapatan bersih Perseroan melonjak 120 persen atau sebesar Rp6,1 triliun menjadi Rp11,3 triliun pada tahun 2022. 

Sejumlah kebijakan yang dilakukan manajemen GoTo pada tahun 2022 juga telah berdampak positif terhadap efisiensi bisnis perusahaan. Sebagai contoh, upaya penghematan yang dilakukan pada kuartal IV-2022 mampu menurunkan beban operasional tetap (fixed operating expense) rata-rata bulanan hingga 20 persen pada periode Januari-Februari 2023 senilai sekitar Rp 200 miliar. Jumlah ini diperkirakan akan terus membesar hingga akhir tahun.

Sementara berkurangnya insentif dan pemasaran produk pada kuartal IV-2022 sebesar 34 persen dibandingkan periode sama tahun 2021, mampu memangkas pengurangan beban kuartalan hingga senilai Rp 2,8 triliun.

Baca Juga :  Indeks Nikkei Merosot 1,14 Persen

Menariknya, berkurangnya insentif tetap tak mengurangi transaksi konsumen di ekosistem digital terbesar di Indonesia ini. Sepanjang tahun 2022, jumlah pelanggan loyal segmen On-Demand Services dan E-Commerce GoTo berhasil tumbuh 19 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Gross Transaction Value (GTV) pelanggan Grup GoTo pada tahun lalu tumbuh 33 persen menjadi Rp613 triliun dibandingkan Rp462 triliun pada tahun 2021. Dampaknya, take rate tahun 2022 pada segmen bisnis On Demand Services dan E-Commerce tumbuh masing-masing 234 bps dan 32 bps dibandingkan tahun sebelumnya.

“Saat ini fokus kami adalah membangun infrastruktur layanan yang akan mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan secara jangka panjang. Hal ini menegaskan bahwa kami berada dijalur yang tepat untuk mencatat nilai EBITDA positif yang disesuaikan pada kuartal keempat tahun 2023,” jelas  Direktur Utama Grup GOTO, Andre Soelistyo dalam siaran pers Senin (20/3).

Langkah lanjutan yang telah dan akan dilakukan GOTO pada tahun ini juga diproyeksikan akan semakin mendorong efisiensi pada level yang optimal untuk mendukung pertumbuhan bisnis perseroan. Misalnya perkiraan pengurangan cash burn tahunan sebesar 60-65 persen di tahun 2023.   

Analis MNC Sekuritas, Andrew Sebastian Susilo  dalam risetnya pada 16 Maret 2023  memproyeksikan langkah restrukturisasi karyawan yang dilakukan pada akhir tahun 2022 dan awal Maret 2023 ini akan berdampak signifikan terhadap arus kas perseroan. Beban karyawan tahun ini dan ke depan diperkirakan bisa berkurang lebih dari Rp 1,1 triliun per tahun.

 

“Perhatikan bahwa ini tidak termasuk pesangon, yang dapat menyebabkan hasil menjadi lebih konservatif, namun tetap memiliki dampak yang cukup besar terhadap arus kas operasi perusahaan ke depan,” tulis Andrew dalam risetnya.

 


https://pasardana.id/news/2023/3/20/sumber-kerugian-goto-tahun-2022-didominasi-faktor-non-kas/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here