Home Bisnis MARKET 350 Perusahaan Diharapkan Bernaung dalam Ekosistem e-Commerce Lintas Batas di Ajang CIEIE...

350 Perusahaan Diharapkan Bernaung dalam Ekosistem e-Commerce Lintas Batas di Ajang CIEIE Indonesia 2023

67
0

Beritamu.co.id – China International E-Commerce Industry Expo and Indonesia Sourcing Exhibition (CIEIE Indonesia 2023) bakal digelar oleh CCPIT Commercial Sub-council dan CCOIC Commercial Chamber of Commerce di Jakarta International Expo, Jakarta pada tanggal 25 – 27 September mendatang.

Pada hari ini (Selasa, 28/2/2023), telah diselenggarakan acara konferensi pers CIEIE Indonesia 2023, bersama dengan Analis Perdagangan Kementerian Perdagangan RI, Dwinanto Rumpoko; Director of Department of Convention and Exhibition, CCPITCSC, Jason Xiong; Vice President of International Seller Blibli.com, Henny; Cross Border Manager Blibli.com, Rei, serta perwakilan mitra, Siswadi.

CIEIE Indonesia 2023 merupakan pameran bertema e-commerce lintas batas pertama di Indonesia.

Diharapkan, lebih dari 350 perusahaan yang bernaung dalam ekosistem e-commerce lintas batas bisa berpartisipasi dalam pameran, yang mencakup berbagai jenis layanan, produksi, dan perdagangan, termasuk platform e-commerce perusahaan, dengan total area eksebisi melebihi 10.000 meter persegi.

Pameran ini bakal menyuguhkan 12 kategori utama, termasuk teknologi AI, high style, aksesoris mobil dan motor, tekstil, serta kebutuhan ibu dan mainan bayi, yang sesuai dengan selera pembeli Indonesia dan pasar konsumen lokal. 

Dwinanto menyambut baik diadakannya CIEIE Indonesia 2023, dan dirinya mengharapkan e-commerce lintas batas dapat mendorong perkembangan ekonomi lokal di Indonesia.

Berdasarkan data Bank Indonesia, pada tahun 2022, pasar e-commerce tanah air akan tumbuh sebesar 31% mencapai Rp536 triliun, dan potensi pengembangan industri e-commerce lintas negara sangat besar.

Baca Juga :  Mentan Tegaskan Indonesia Tidak Perlu Impor Beras

Sementara Jason Xiong mengatakan, baik China maupun Indonesia adalah negara dengan populasi terbesar di dunia, dan China telah menjadi mitra dagang terbesar Indonesia selama sembilan tahun berturut-turut.

Menurut statistik dari instansi terkait, tingkat penetrasi internet di Indonesia telah mencapai 73,7%, menjadi fondasi bagi perkembangan e-commerce lintas batas di Indonesia.

“Penyelenggaraan CIEIE Indonesia 2023 akan lebih mendorong kerja sama perdagangan non-pemerintah atau bisnis kedua negara, mendukung berkembangnya industri ekonomi digital Indonesia, membuka interaksi dan integrasi industri yang menguntungkan kedua negara, serta mempromosikan perusahaan kedua negara. Kedua negara bergandengan tangan untuk pasar global,” ujar Jason.

Di sisi lain, Siswadi, mitra pengusaha CIEIE mengatakan, bahwa dari tahun 2016 hingga 2019, jumlah peserta pameran dan pembeli berbagai pameran di Indonesia menunjukkan pertumbuhan secara eksponensial dari tahun ke tahun, dan pengaruh industri pameran terus meningkat.

Dengan pembukaan dan pemulihan pasar internasional yang cepat, perusahaan China dan Indonesia dituntut untuk mengembangkan pasar dan perluasan model bisnis yang cepat.

CIEIE Indonesia 2023 yang diadakan di Jakarta International Expo Center akan membantu perusahaan memperluas saluran perdagangan luar negeri melalui eCommerce lintas batas.

 


https://pasardana.id/news/2023/2/28/350-perusahaan-diharapkan-bernaung-dalam-ekosistem-e-commerce-lintas-batas-di-ajang-cieie-indonesia-2023/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here