Home Bisnis MARKET XLSMART dan Telkom Teken Kesepakatan Strategis Guna Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Monetisasi...

XLSMART dan Telkom Teken Kesepakatan Strategis Guna Tingkatkan Pengalaman Pelanggan dan Monetisasi Trafik

5
0

Beritamu.co.idPT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk (XLSMART) (IDX: EXCL) bersama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) (IDX: TLKM) menandatangani kesepakatan strategis dirangkaian acara Bali Annual Telkom International Conference (BATIC) 2025, minggu lalu.

Penandatanganan dilakukan oleh Chief Enterprise Business Solution XLSMART, Feby Sallyanto dan General Manager Carrier Service and Other License Operator Telkom, Noor Mahmudah Moorcy.

Melalui penandatanganan ini, kedua perusahaan sepakat memperkuat kerja sama di berbagai bidang untuk meningkatkan kualitas layanan sekaligus membuka peluang pertumbuhan bisnis baru.

“Melalui penandatanganan kesepakatan ini, XLSMART mempertegas komitmen untuk memperkuat sinergi dengan Telkom. Kerja sama ini tidak hanya menciptakan peluang bisnis baru, tetapi juga memastikan pengalaman layanan yang lebih baik bagi pelanggan di seluruh Indonesia. Bersama, kita mendukung pertumbuhan ekosistem digital nasional yang lebih inklusif dan berdaya saing,” sebut Direktur & Chief Enterprise dan Strategic Relation Officer XLSMART, Andrijanto Muljono, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/9).

Adapun kerja sama ini mencakup kesepakatan beberapa hal:

Transit Voice Call Center 188 via Telkom Meningkatkan kenyamanan dan kualitas pelanggan XLSMART untuk melakukan panggilan ke call center 188 (Telkomsel/IndiHome).

Baca Juga :  JAST Hadirkan Teknologi AI untuk CCTV, Dukung Program Smart City di Kota dan Kabupaten Seluruh Indonesia

Eyeball Monetization: pemanfaatan basis pelanggan (eyeball) XLSMART untuk akses konten OTT yang dapat dimonetisasi oleh kedua pihak.

Voice Internasional: Meningkatkan kenyamanan dan kualitas panggilan pelanggan XLSMART dalam menggunakan kode internasional 007.

“Dengan adanya kerja sama ini, manfaat dirasakan bagi kedua belah pihak baik pelanggan ataupun perusahaan. Pelanggan akan merasakan peningkatan kualitas layanan, terutama pada interkoneksi call center, akses konten yang beragam serta panggilan international yang optimal. Sementara bagi bisnis, kolaborasi ini menghadirkan peluang baru untuk meningkatkan pendapatan, memperluas model bisnis digital, serta memperkuat posisi kedua perusahaan di industri telekomunikasi nasional,” sambung Andrijanto.

Asal tahu saja, layanan hasil kerja sama ini sebagian besar telah dapat dinikmati pelanggan saat ini, dan kedua perusahaan juga membuka peluang untuk mengeksplorasi bentuk kolaborasi baru di masa mendatang, seiring dengan berkembangnya kebutuhan pelanggan dan dinamika industri telekomunikasi.

Sementara itu, di akhir kuartal kedua 2025, XLSMART mencatat pertumbuhan pendapatan sebesar 22% YoY menjadi Rp10,5T, hal ini sekaligus memberikan ruang lebih luas bagi XLSMART untuk mengakselerasi kolaborasi dengan mitra industri strategis, salah satunya Telkom.


https://pasardana.id/news/2025/9/10/xlsmart-dan-telkom-teken-kesepakatan-strategis-guna-tingkatkan-pengalaman-pelanggan-dan-monetisasi-trafik/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here