
Beritamu.co.id — Memasuki usia ke-5, AstraPay menegaskan perannya sebagai mitra strategis dalam mendorong inklusi keuangan nasional dengan menggelar Dialog Inspiratif AstraPay 2025 bertema “#ApaAjaBisa: Saatnya Anak Muda Ambil Peran”.
Acara yang digelar di Catur Dharma Hall, Menara Astra, Sudirman, Jakarta, Selasa (01/7), dihadiri oleh lebih dari 150 tamu undangan, yang terdiri dari awak media nasional, komunitas anak muda, hingga pelaku UMKM dari berbagai sektor.
Tiga narasumber hadir membagikan perspektif komprehensif dalam forum berdurasi 30 menit tersebut, yaitu; Elyana K. Widyasari selaku Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia, Aliyah Natasha selaku Financial Expert sekaligus figur inspiratif generasi muda dan Karnanda Kurniardhi selaku VP Partnership AstraPay.
Tak hanya menjadi forum diskusi dan kolaborasi lintas sektor, acara ini juga menjadi momentum apresiasi terhadap karya-karya tulis inspiratif melalui ajang Anugerah Jurnalistik AstraPay 2025, sebuah kompetisi terbuka bagi jurnalis, blogger, hingga masyarakat umum yang memiliki minat di bidang literasi keuangan.
Dalam sambutannya, CEO AstraPay, Rina Apriana menyampaikan capaian lima tahun perjalanan AstraPay yang tak lepas dari kolaborasi berbagai pihak, termasuk dukungan regulator, mitra strategis, hingga komunitas anak muda.
“Lima tahun lalu, AstraPay lahir dengan satu misi: menghadirkan solusi transaksi digital yang simple, secure, dan reliable untuk seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda dan UMKM. Hari ini, kami bersyukur AstraPay telah dipercaya oleh lebih dari 16,2 juta pengguna, dengan total transaksi mencapai 220,4 juta kali, dan nilai transaksi kumulatif sebesar Rp135,9 triliun,” terang Rina.
Lebih lanjut Rina juga menegaskan komitmen AstraPay terhadap generasi muda, tak hanya terlihat dari sisi pengguna — 60% pengguna AstraPay adalah anak muda — namun juga di internal perusahaan, di mana 90% karyawan AstraPay adalah generasi muda yang setiap hari mendorong inovasi dan pertumbuhan.
“Inilah bukti bahwa AstraPay adalah platform yang dibangun, dijalankan, dan berkembang bersama generasi muda Indonesia,” tegasnya.
Di kesempatan yang sama, dalam paparannya, Deputi Direktur Bank Indonesia, Elyana K. Widyasari mengingatkan pentingnya percepatan digitalisasi sistem pembayaran sebagai tulang punggung inklusi keuangan nasional.
“Indonesia tengah menikmati bonus demografi, namun daya beli generasi muda dan kelompok menengah bawah masih menjadi tantangan. Kolaborasi pelaku industri seperti AstraPay sangat dibutuhkan untuk meningkatkan literasi finansial di kalangan anak muda,” ujarnya.
Senada, Financial Expert, Aliyah Natasha menegaskan, bahwa di tengah tekanan ekonomi, anak muda memiliki senjata ampuh berupa literasi digital dan kemampuan adaptasi tinggi.
“Transaksi digital bukan lagi gaya hidup, tapi soal survival. Aplikasi seperti AstraPay membantu anak muda mengontrol cashflow, budgeting, hingga cashless transaction yang efisien,” jelas Aliyah.
Ia pun mendorong generasi muda untuk mengambil peran aktif dalam perputaran ekonomi melalui konsumsi bijak dan pemanfaatan platform digital.
Melengkapi diskusi, VP Partnership AstraPay, Karnanda Kurniardhi memaparkan kontribusi nyata AstraPay sebagai solusi keuangan digital yang ringan, relevan, dan ramah generasi muda.
Adapun beberapa inisiatif unggulan AstraPay, meliputi: Fitur Hemat: Cashback, promo, dan reminder tagihan; Fitur Kontrol: Histori transaksi untuk monitoring keuangan; Fitur Loyalitas: Komunitas pengguna aktif dan program engagement; dan dukungan untuk UMKM: QRIS AstraPay tanpa perangkat tambahan, dashboard merchant untuk pencatatan transaksi, serta edukasi literasi keuangan bersama komunitas.
“AstraPay hadir bukan sekadar alat bayar, tapi enabler kehidupan finansial yang sehat. Kalau anak muda melek keuangan, #ApaAjaBisa terjadi — termasuk pemulihan ekonomi Indonesia dari bawah,” tandas Karnanda.
https://pasardana.id/news/2025/7/2/lima-tahun-astrapay-dari-mimpi-digital-jadi-kekuatan-finansial-generasi-muda/