Home Bisnis MARKET 1.515 Desa Binaan Astra Realisasikan Nilai Ekspor Rp349 Miliar

1.515 Desa Binaan Astra Realisasikan Nilai Ekspor Rp349 Miliar

6
0

Beritamu.co.id – PT Astra International Tbk (IDX: ASII) terus mendorong peningkatan kapasitas UMKM ke pasar internasional.

Salah satunya dengan menggelar Astra Export Champion: UMKM “BISA” Ekspor.

Gelaran itu merupakan hasil kerja sama Astra dengan Kementerian Perdagangan. 

“Program Astra Export Champion dengan semangat UMKM BISA Ekspor adalah wujud nyata kolaborasi antara sektor swasta dan pemerintah dalam membangun kapasitas UMKM untuk menembus pasar global,” ujar Menteri Perdagangan RI, Budi Santoso.

Tidak hanya berfokus pada peningkatan kapasitas teknis, program ini juga bertujuan untuk membangun pola pikir wirausaha tangguh dan berdaya saing global melalui rangkaian kegiatan selama enam bulan yang akan dilakukan yaitu kelas umum untuk pemahaman terkait ekspor, inkubasi, pendampingan business plan, business matching dan pameran internasional di Trade Expo Indonesia 2025.

Peserta didorong untuk mampu merancang strategi ekspor yang berkelanjutan dan diharapkan dapat menjadi penggerak dalam mendorong UMKM Indonesia untuk naik kelas serta menjadi pelaku aktif dalam perdagangan internasional.

“Astra percaya bahwa kolaborasi strategis antara Astra dan Kementerian Perdagangan RI melalui program Astra Export Champion: UMKM ”BISA” Ekspor, merupakan langkah nyata dalam membangun ekosistem ekspor yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia,” ujar Chief of Corporate Affairs Astra, Boy Kelana Soebroto.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (21/9/2023) : IHSG Diperkirakan Bergerak Fluktuatif Cenderung Melemah

Boy menambahkan, melalui pemberdayaan UMKM, peningkatan kapasitas, pemenuhan standar kualitas dan akses ke pasar global ini diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing produk lokal di pasar internasional.

Program Astra Export Champion: UMKM ”BISA” Ekspor, sejalan dengan program Desa Sejahtera Astra dan Kampung Berseri Astra yang sudah dibangun sejak tahun 2013, salah-satunya bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan pendekatan pengembangan Produk Unggulan Kawasan Desa (Prukades).

Hingga saat ini, Astra telah membina 1.515 desa dan kampung di 35 provinsi di Indonesia, dan berhasil menjual produk unggulan desa ke pasar internasional dengan nilai valuasi ekspor sebesar Rp349 miliar.

Pembinaan pengembangan produk UMKM turut dilakukan Yayasan Astra yang berfokus pada pembinaan UMKM, yaitu Yayasan Dharma Bhakti Astra yang merupakan salah satu dari sembilan Yayasan di bawah naungan Astra dan telah memberikan pembinaan kepada 13.663 UMKM di Indonesia dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 75.451 orang.


https://pasardana.id/news/2025/5/20/1515-desa-binaan-astra-realisasikan-nilai-ekspor-rp349-miliar/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here