Home Bisnis MARKET Tak Lagi Jadi Menteri, Luhut Binsar Dilantik Sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional

Tak Lagi Jadi Menteri, Luhut Binsar Dilantik Sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional

3
0

Beritamu.co.id – Presiden Prabowo Subianto resmi mengangkat Menko Kemaritiman dan Investasi era Jokowi, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi ketua Dewan Ekonomi Nasional.

Luhut dilantik bersamaan dengan para menteri Kabinet Merah Putih Prabowo-Gibran pada hari ini, Senin (21/10) di Istana Negara, Jakarta.

Pengangkatan Luhut ini tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 139/P Tahun 2024 tentang Pengangkatan Ketua Dewan Ekonomi Nasional

“Dengan nama Tuhan YME Presiden RI … kesatu, terhitung sejak saat pelantikan mengangkat Jenderal TNI Purn. Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua Dewan Ekonomi Nasional,” bunyi keputusan itu.

Setelah resmi diangkat menjadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional, Luhut menyebut kalau Presiden Prabowo memintanya untuk membantu tata kelola dengan digitalisasi, seperti halnya yang sudah diterapkan pada Sistem Informasi Mineral dan Batu Bara antara Kementerian dan Lembaga (SIMBARA) pada komoditas batu bara dan nikel.

“Ya Pak Presiden minta bantu untuk tata kelola itu dengan digitalisasi. Saya kira membuat kita lebih efisien. Salah satu revenue kita di e-katalog Simbara batu bara, Simbara nikel, dan juga itu menjadi target Presiden,” tuturnya kepada awak media yang ditemuinya usai pelantikan di Istana Negara.

“Saya pikir kita lakukan kalau kita bersama-sama mestinya dalam 1-2 tahun ini quick win daripada Presiden Prabowo. Saya kira e-katalog versi 6 mulai akan diluncurkan oleh Beliau. Segera untuk akan membuat 85% apa namanya government procurement,” terang dia.

Baca Juga :  Penerbitan Surat Utang Korporasi Diproyeksi Meningkat Sepanjang Tahun 2024

Sementara itu, lewat cuitannya di akun Instagram miliknya, Luhut mengaku bahwa posisi barunya ini sebagai panggilan mengabdi untuk negara. “Sebagai prajurit yang selalu siap melangkah ketika panggilan tugas datang, saya menerima amanat ini dengan penuh rasa tanggung jawab. Tugas ini bukan sekadar posisi, tetapi panggilan untuk mengabdi kepada negara, memberikan yang terbaik bagi bangsa,” kata dia.

Luhut mengatakan tantangan ekonomi yang akan dihadapi Indonesia ke depan tidak akan mudah. Dewan Ekonomi Nasional yang dipimpinnya itu akan berisi sejumlah ahli ekonomi dan bertugas memberikan masukan kepada Presiden Prabowo.

“Ke depan, tantangan perekonomian yang dihadapi Indonesia tidaklah ringan. Ketahanan pangan, transisi energi, perkembangan teknologi termasuk AI, perubahan iklim, hingga dinamika geopolitik yang kian kompleks ada di depan mata. Dewan Ekonomi Nasional yang dibentuk Presiden Prabowo sebagai economic think thank yang akan diisi oleh para pakar ekonomi,” kata purnawirawan bintang 4 ini.

Luhut optimistis Dewan Ekonomi Nasional bisa berkontribusi pada pemerintahan Prabowo-Gibran.

“Dengan semangat kebersamaan yang selalu menjadi kekuatan bangsa kita, saya yakin kita bisa mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih baik, lebih sejahtera, dan berkelanjutan,” tukas Luhut.

 


https://pasardana.id/news/2024/10/22/tak-lagi-jadi-menteri-luhut-binsar-dilantik-sebagai-ketua-dewan-ekonomi-nasional/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here