Home Bisnis MARKET PEFINDO Berikan Peringkat idA+ dengan Prospek Stabil terhadap PTRO

PEFINDO Berikan Peringkat idA+ dengan Prospek Stabil terhadap PTRO

5
0

Beritamu.co.id – PEFINDO memberikan peringkat idA+ dengan prospek stabil terhadap PT Petrosea Tbk (IDX: PTRO).

Dalam rilis PEFINDO, Selasa (17/9) disebutkan, peringkat tersebut mencerminkan posisi bisnis Petrosea yang kuat, layanan yang terintegrasi, dan profil keuangan yang kuat.

Peringkat tersebut dibatasi oleh persaingan yang ketat di industri, serta paparan terhadap fluktuasi harga komoditas dan risiko lingkungan.

Peringkat dapat dinaikkan jika Petrosea berhasil memperkuat posisi bisnisnya dengan cara meningkatkan diversifikasi usaha yang signifikan ke pendapatan yang tidak berkaitan dengan pertambangan dan batubara serta mengelola backlog kontrak jangka panjang dengan profil rekanan yang kuat, dan secara bersamaan mempertahankan tingkat utang yang rendah secara berkelanjutan.

Peringkat dapat diturunkan jika pendapatan atau EBITDA Petrosea jauh di bawah target, atau jika Perusahaan menambah utang lebih tinggi dari yang diproyeksikan tanpa diimbangi dengan kenaikan EBITDA, yang akan memperburuk profil keuangan Perusahaan.

Penurunan yang signifikan dari volume penjualan pelanggan utama juga dapat memicu penurunan peringkat.

Petrosea menyediakan layanan kontrak pertambangan, konstruksi dan teknik, serta layanan logistik dan dukungan untuk industri pertambangan, minyak dan gas, dan infrastruktur.

Baca Juga :  Kemenko Perekonomoan Sebut Nilai Investasi di KEK Tembus Rp140 Triliun

Struktur kepemilikan saham per 30 Juni 2024 adalah PT Kreasi Jaya Persada (KJP, 41,52%), PT Caraka Reksa Optima (CARA, 18,29%), PT Sentosa Bersama Mitra (18,85%), Kartika Hendrawan (0,01%), Michael (0,01%), dan Publik (21,33%).

KJP dimiliki oleh Grup Barito dengan Prajogo Pangestu sebagai pemilik manfaat akhir.


https://pasardana.id/news/2024/9/19/pefindo-berikan-peringkat-idaplus-dengan-prospek-stabil-terhadap-ptro/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here