Home Bisnis MARKET Pasar Obligasi Ambil Momentum Penurunan Bunga Acuan

Pasar Obligasi Ambil Momentum Penurunan Bunga Acuan

6
0

Beritamu.co.id – Momentum pasar obligasi semakin terbuka seiring dengan pemangkasan BI Rate sebesar 25 bps ke level 6,00%.

Terlebih, keputusan itu juga diikuti pemangkasan suku bunga The Fed yang lebih besar dari perkiraan yakni sebesar 50 bps ke kisaran 4,75%-5,00%.

“Pasar dinilai akan mencermati seberapa cepat laju penurunan suku bunga dan apakah bank sentral akan meluncurkan kebijakan Quantitative Easing,” kata Kepala Departemen Riset dan Informasi Pasar Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI), Roby Rushandie, Kamis (19/9/2024).

Menurut Roby, besar penurunan suku bunga The Fed akan dipengaruhi oleh seberapa besar potensi terjadinya resesi di AS, sedangkan arah BI Rate kedepan akan dipengaruhi tingkat inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan kondisi nilai tukar Rupiah.

Dengan kondisi itu, Roby menilai, momentum pasar diperkirakan masih berlanjut seiring dengan masih terdapatnya peluang pemangkasan suku bunga lebih lanjut oleh The Fed dan Bank Indonesia.

“Adapun beberapa risiko yang masih berpotensi membayangi pasar yakni risiko geopolitik, volatilitas nilai tukar, dan defisit fiskal,” tuturnya.

Baca Juga :  Indeks Kospi Turun 0,31 Persen


https://pasardana.id/news/2024/9/19/pasar-obligasi-ambil-momentum-penurunan-bunga-acuan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here