Home Bisnis MARKET BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2024 Berada dalam Kisaran 4,7 – 5,5%

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2024 Berada dalam Kisaran 4,7 – 5,5%

6
0

Beritamu.co.id – Bank Indonesia (BI) memprakirakan, pertumbuhan ekonomi 2024 berada dalam kisaran 4,7-5,5%.

“Bank Indonesia menilai, pertumbuhan ekonomi Indonesia tetap baik dan perlu didorong agar lebih tinggi,” sebut Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam penjelasannya di Jakarta, Rabu (18/9).  

Lebih lanjut dipaparkan beberapa faktor pendukung pertumbuhan ekonomi 2024, yaitu; Investasi terus tumbuh, khususnya investasi bangunan sejalan dengan tahapan finalisasi operasional Ibu Kota Nusantara (IKN) dan penyelesaian berbagai Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pertumbuhan konsumsi rumah tangga tetap terjaga, khususnya untuk kelas menengah ke atas.

Ekspor nonmigas tetap baik sehingga turut menopang pertumbuhan ekonomi.

Belanja Pemerintah yang diprakirakan meningkat pada akhir tahun diharapkan dapat juga menopang permintaan domestik.

Lebih lanjut disampaikan, berbagai indikator terkini, termasuk hasil survei Bank Indonesia, menunjukkan kegiatan ekonomi pada triwulan III 2024 yang baik, sebagaimana tecermin pada keyakinan konsumen yang tinggi, penjualan eceran yang positif, serta impor barang modal dan penjualan semen yang meningkat.

“Ke depan, berbagai upaya perlu terus ditempuh untuk mendorong pertumbuhan, baik dari sisi permintaan maupun dari sisi penawaran. Untuk itu, Bank Indonesia terus memperkuat bauran kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi agar lebih tinggi, bersinergi erat dengan kebijakan stimulus fiskal Pemerintah,” beber Perry.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (19/12/2023) : IHSG Diperkirakan Cenderung Tertekan

Dari sisi penawaran, lanjutnya, kebijakan reformasi struktural perlu terus diperkuat untuk meningkatkan produktivitas dan memperkuat struktur pertumbuhan ekonomi, termasuk sektor ekonomi yang dapat menyerap tenaga kerja dan memiliki nilai tambah yang tinggi.


https://pasardana.id/news/2024/9/18/bi-prediksi-pertumbuhan-ekonomi-2024-berada-dalam-kisaran-4-7-5-5/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here