Home Bisnis MARKET Susu Ikan Masuk Program Makan Siang Bergizi, KKP Genjot Produksi di Pantura...

Susu Ikan Masuk Program Makan Siang Bergizi, KKP Genjot Produksi di Pantura dan Papua

4
0

Beritamu.co.id – Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) saat ini tengah menggenjot produksi susu ikan di Pantai Utara (Pantura) dan Papua.

Hal tersebut dilakukan lantaran belakangan ini tengah ramai perbincangan di masyarakat setelah Menteri KKP Wahyu Sakti Trenggono menyebutkan produk susu ikan ini akan masuk program Makan Siang Bergizi dan Susu Gratis andalan presiden terpilih Prabowo Subianto.

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Budi Sulistyo, mengatakan daerah Pantura maupun Papua, memiliki bahan baku ikan yang melimpah.

Sehingga, dia bilang banyak calon pelaku usaha yang berminat untuk membuka pabrik susu di daerah tersebut.

“Untuk percontohan nanti ada di Pantura seperti Pekalongan, KKP ada di situ, nanti jika berminat sebagai percontohan pemerintah rata-rata yang berminat itu di Pantura dan pantai-pantai timur seperti Papua,” ujar Budi di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (12/9).

Diterangkan Budi, saat ini pabrik susu ikan yang sudah eksisting ada di Indramayu, dengan kapasitas produksi 30 ton per bulan dan telah beroperasi sejak 2021.

Menurutnya, dengan melimpahnya hasil tangkapan ikan di Pantura, kapasitas produksi susu ikan di daerah tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi 50 ton per bulan.

Meski begitu, dia tak menapik kalau saat ini produksi susu ikan nasional masih kecil karena mulanya dikembangkan dengan desain untuk komunal, yaitu dengan di pabrik kecil atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah.

Namun dia memastikan, nantinya pabrik-pabrik susu ikan yang ada di Tanah Air akan memiliki standar yang sama.

Baca Juga :  Bendungan Sepaku Semoi Ditargetkan Rampung Pada Maret 2023

“Karena desainnya awal untuk tingkat UMKM (dengan kapasitas) 2 ton per bulan. Awalnya desain mesin pabriknya (UMKM). Nah, mungkin ke depan desainnya 4-10 ton (per bulan). Industri itu berkembang di seluruh Indonesia dengan satu standar yang sama dan mendekatkan dengan sumber ikannya,” jelas Budi.

Dia menambahkan, susu ikan yang dikembangkan ini dari ikan layur, meskipun sebenarnya bisa diproduksi dari semua ikan.

Menurut Budi, ikan layur dipilih lantaran memiliki nilai ekonomi rendah dan umumnya hanya dimanfaatkan oleh nelayan untuk dikonsumsi.

Munculnya pabrik susu ikan dengan menggunakan ikan layur sebagai bahan bakunya, diharapkan bisa membantu ekonomi nelayan.

Pemanfaatan ikan layur untuk susu ikan ini, menggunakan semua bagian dari tubuh ikan yang diekstrak untuk menjadi Hidrolisat Protein Ikan (HPI) hingga akhirnya menjadi produk jadi susu ikan.

“Kemudian di branding kalau dalam dunia industri kan, itu disebut susu analog, susu yang bahan bakunya bukan dari susu hewan di berkaki empat,” ucap Budi.

Dia menilai, bahwa kandungan dari susu ikan lebih lengkap dibanding susu yang lain, meliputi Omega 3, juga DHA, dan EPA yang tidak terkandung dalam susu sapi.

Ketiga kandungan ini merupakan aktor pembentuk otak.

Selain itu, susu ikan juga mengandung kalsium, Vitamin A, Vitamin C juga aman untuk anak.

Sebab bebas laktosa dan alergen.

“Keunggulannya yang lain itu laktosa free, alergen free, keunggulan yang lain diserap tubuh lebih banyak dan cepat daripada susu lain ya,” tukas Budi.


https://pasardana.id/news/2024/9/13/susu-ikan-masuk-program-makan-siang-bergizi-kkp-genjot-produksi-di-pantura-dan-papua/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here