Home Bisnis MARKET Dongkrak Pertumbuhan Kredit ke UMKM, Amar Bank Fokus Kembangkan Layanan Embedded Banking

Dongkrak Pertumbuhan Kredit ke UMKM, Amar Bank Fokus Kembangkan Layanan Embedded Banking

7
0

Beritamu.co.id – PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank) (IDX: AMAR) fokus mengembangkan layanan Embedded Banking, solusi keuangan inovatif yang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan para pelaku UMKM.

“Solusi Embedded Banking dirancang untuk menyediakan alat dan layanan keuangan yang terintegrasi langsung ke dalam platform mitra, memungkinkan UMKM untuk mengelola kebutuhan perbankan mereka dengan lebih efisien dan aman,” terang SVP Finance Amar Bank, David Wirawan dalam keterangan tertulis, Kamis (12/9).

Dijelaskan, layanan Embedded Banking dapat membantu UMKM mengatasi hambatan keuangan dan mempercepat pertumbuhan bisnis mereka dengan menyederhanakan transaksi, memberikan akses kredit yang lebih mudah, serta mengintegrasikan layanan perbankan ke dalam operasional bisnis sehari-hari.

Ditambahkan, tidak hanya inovasi layanan Embedded Banking untuk sektor UMKM, Amar Bank juga fokus mengembangkan inovasi perbankan digital.

Berkat inovasi tersebut, per Juni 2024, segmen online melonjak 32,7 persen year-on-year (yoy) menjadi Rp450 miliar dan menyumbang 71,1 persen dari total pendapatan perseroan.

Hal tersebut juga mendorong pendapatan bunga perseroan tumbuh sebesar 30,8 persen yoy menjadi Rp573,07 miliar pada kuartal II 2024, meskipun jumlah dana pihak ketiga (DPK) mengalami penurunan sebesar 6,77 persen akibat penurunan saldo deposito berjangka.

Baca Juga :  Bernilai US$137,1 Miliar, Cadev Agustus jadi yang Terendah Tahun Ini

Lebih lanjut disampaikan, per Juni 2024, Amar Bank membukukan penyaluran kredit mencapai Rp2,8 triliun.

Sebagian besar penyaluran kredit didorong oleh pembiayaan kepada sektor UMKM.

“Pencapaian tersebut sejalan dengan upaya perseroan untuk mendukung pemerintah memperluas akses kredit bagi sektor usaha kecil,” tandas David.


https://pasardana.id/news/2024/9/12/dongkrak-pertumbuhan-kredit-ke-umkm-amar-bank-fokus-kembangkan-layanan-embedded-banking/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here