Home Bisnis MARKET Ada Potensi Pemangkasan Suku Bunga, Ini 10 Saham yang Jadi Top Picks...

Ada Potensi Pemangkasan Suku Bunga, Ini 10 Saham yang Jadi Top Picks Mirae Asset

5
0

Beritamu.co.id – Kebijakan pemangkasan suku bunga diprediksi akan direalisasikan Bank Indonesia (BI) sebelum akhir tahun.

Penurunan suku bunga tersebut diperkirakan akan memperkuat daya beli masyarakat serta mendorong peningkatan konsumsi rumah tangga.

“Kami melihat bahwa inflasi yang terkendali dan suku bunga yang lebih rendah akan menciptakan iklim investasi yang lebih kondusif, dengan kredit konsumsi yang diproyeksikan meningkat dan berdampak langsung pada penguatan beberapa sektor, termasuk sektor ritel,” beber Martha Christina, Head of Investment Information Mirae Asset, di acara  Media Day: September 2024 by Mirae Asset di Jakarta, Kamis, 12 September 2024.

Dijelaskan, konsumsi rumah tangga, yang merupakan pilar utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, diproyeksikan akan menguat pada kuartal IV/2024.

Pemangkasan suku bunga dan peningkatan kepercayaan konsumen akan mendorong masyarakat untuk lebih aktif melakukan pembelian barang dan jasa.  

“Sektor ritel, khususnya segmen barang konsumsi, fashion, dan elektronik, diprediksi akan mendapatkan keuntungan signifikan dari potensi pemangkasan suku bunga oleh otoritas moneter pada kuartal terakhir tahun ini,” ujar Martha.

Lebih lanjut Martha menyebut beberapa saham yang masuk ke dalam 10 saham pilihan top picks Mirae Asset, yaitu; BMRI, BBCA, BBRI, ASII, TLKM, ICBP, MYOR, MAPI, ACES, dan SIDO.

Ditambahkan, Mirae Asset memiliki prediksi, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat naik hingga 7.915 dan sektor ritel akan menunjukkan kinerja positif di kuartal IV/2024.

Baca Juga :  IFG Gandeng FISIP UI untuk Tingkatkan Inklusi Keuangan Generasi Muda

Di kesempatan yang sama, Abyan Habib Yuntoharjo, Research Analyst Mirae Asset menyatakan optimistis terhadap prospek sektor ritel yang didukung oleh urbanisasi, peningkatan adopsi teknologi digital, ekspektasi penurunan suku bunga, yang akan berdampak positif pada daya beli masyarakat, dan adanya festive season di akhir tahun.

“Dengan adanya ekspektasi penurunan suku bunga, efek festive season di Q4 akan berimbas postif terhadap prospek sektor retail,” jelasnya.

Dengan latar belakang itu semua, lanjutnya, Mirae Asset memberikan rekomendasi Overweight untuk sektor ritel, mengingat potensi pertumbuhan yang masih kuat pada kuartal IV/2024.

“Untuk saham sektor ritel, dua saham yang jadi pilihan yaitu ACES dan MAPI — yang juga masuk ke dalam top picks. ACES memiliki rekomendasi BUY dengan TP Rp 1.100 dan MAPI BUY TP Rp 1.900. Investor disarankan untuk mempertimbangkan saham-saham di sektor ritel, yang diprediksi akan mendapatkan keuntungan dari momentum pemulihan ekonomi dan peningkatan konsumsi domestik,” ungkap Abyan.

Ditambahkan, “Mirae Asset juga menilai bahwa peningkatan populasi usia produktif dan konsumen muda akan menjadi pendorong utama pertumbuhan jangka panjang bagi sektor ini. Konsumen muda yang lebih adaptif terhadap teknologi dan tren gaya hidup modern juga cenderung memiliki preferensi untuk berbelanja secara digital, mempercepat adopsi e-commerce dan memacu inovasi di kalangan peritel.”


https://pasardana.id/news/2024/9/12/ada-potensi-pemangkasan-suku-bunga-ini-10-saham-yang-jadi-top-picks-mirae-asset/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here