Home Bisnis MARKET OJK Optimis Penerapan AI Bisa Turunkan Kredit Macet Pinjol

OJK Optimis Penerapan AI Bisa Turunkan Kredit Macet Pinjol

8
0

Beritamu.co.id – Teknologi penerapan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di sektor keuangan dipercayai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mampu memberikan dampak positif pada industri financial technology peer to peer lending (fintech P2P lending) atau pinjol.

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman mengungkap optimisme terkait implementasi AI ini dapat menurunkan kredit macet pinjol (pinjaman online).

Agusman mengatakan, penerapan AI sangat penting untuk menganalisis data dalam jumlah yang besar. Menurutnya, AI dapat menganalisis profil risiko di sektor keuangan secara tepat, termasuk di industri pinjaman online (pinjol).

“Sehingga kita dapat mengantisipasi fraud dan kegagalan ke depan secara lebih pasti sehingga dalam proses melakukan peminjaman dan inklusi keuangan akan menjadi lebih efektif dan lebih efisien dan terhindar dari risiko-risiko yang tidak perlu,” kata Agusman dalam acara Banking AI Day, di Jakarta, Senin (9/9).

Untuk diketahui, tingkat risiko kredit macet secara agregat (TWP90) pinjol sebesar 2,53% pada Juli 2024. Angka tersebut turun dari 2,79 persen pada Juni 2024. 

Ditegaskan Agusman, dengan menggunakan AI dapat membuat bisnis di sektor keuangan lebih efisien dan berkonsentrasi cara mitigasi risiko.

Lebih lanjut, pihaknya bersama asosiasi fintech telah menerbitkan panduan kode etik AI. 

Baca Juga :  IHSG Sesi I Menguat 0,65 Persen ke Level 7.246

Panduan tersebut tertuang beberapa prinsip yang perlu dipegang bagi pelaku fintech. Diantaranya, berasaskan Pancasila, bermanfaat, wajar, dan dapat dipertanggungjawabkan. Kemudian transparan, dapat dijelaskan ketangguhan dan keamanan.

“Panduan kode etik ini tentu akan dapat mengoptimalkan fungsi AI di industri fintech dan perbankan tentu saja bisa mencakup hal ini juga sehingga AI dapat memberikan manfaat dalam pengembangan inovasi di sektor fintech dan sektor keuangan secara keseluruhan dalam rangka mitigasi risiko kita ke depan yang perlu kita jaga dengan baik,” bebernya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya pun kembali menekankan, beberapa hal yang harus menjadi prinsip dalam penerapan AI di sektor keuangan, seperti tata kelola manajemen risiko, keamanan dan keandalan sistem informasi, termasuk ketahanan dan keamanan siber, hingga perlindungan konsumen.

Pasalnya, di tengah semakin masifnya implementasi teknologi AI di industri keuangan, ia pun menyoroti potensi kejahatan siber, utamanya terkait kebocoran data pribadi masyarakat.

“Banyak sekali yang merasa dirugikan karena data kita tersebar di mana-mana tanpa ada yang melindungi dan memproteksi itu. Ini tanggung jawab kita bersama dan tentu saja juga perhatian ketentuan perundang-undangan,” tukas dia.

 

 

 

 

 

 


https://pasardana.id/news/2024/9/10/ojk-optimis-penerapan-ai-bisa-turunkan-kredit-macet-pinjol/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here