Home Teknologi Instagram Minta Verifikasi Usia Lewat Selfie untuk Batasi Pengguna di Bawah Umur

Instagram Minta Verifikasi Usia Lewat Selfie untuk Batasi Pengguna di Bawah Umur

6
0
Instagram Minta Verifikasi Usia Lewat Selfie untuk Batasi Pengguna di Bawah Umur

Beritamu.co.id, Jakarta – Instagram mulai meminta anak-anak untuk memverifikasi usia mereka menggunakan selfie. Langkah ini merupakan bagian dari udaha Instagram untuk mengidentifikasi remaja dengan benar, dan membatasi anak-anak (pengguna di bawah umur) dalam menggunakan aplikasi.

Ada dua cara baru yang dilakukan Instagram untuk memverifikasi usia pengguna. Pertama adalah dengan mengunggah foto selfie di aplikasi Instagram–menggunakan platform asal Inggris, Yoti.

Yoti menganalisis selfie untuk menentukan rentang usia, dengan akurasi sekitar 98-99 persen. Platform ini bekerja dengan memeriksa fitur wajah pengguna dalam video selfie dan membuat perkiraan usia.

Setelah Instagram dan Yoti memverifikasi usia pengguna, video tersebut akan dihapus. “Kami mewajibkan orang berusia minimal 13 tahun untuk mendaftar ke Instagram,” kata Instagram sebagaimana dikutip dari The Sun, Selasa (5/7/2022).

Instagram menjelaskan, di beberapa negara, usia minimum untuk memakai aplikasi lebih tinggi. Ketika perusahaan tahu jika seseorang masih remaja (13-17 tahun), Instagram akan memberikan mereka pengalaman yang sesuai dengan usianya.

“Seperti memasukkan mereka ke akun pribadi, mencegah kontak yang tidak diinginkan dari orang dewasa yang tidak mereka kenal, dan membatasi opsi yang dimiliki pengiklan untuk menjangkau mereka dengan iklan,” papar Instagram.

Baca Juga :  Tutorial - Cara Instal OS Android di PC dengan Remix OS

Cara kedua adalah Instagram akan meminta teman pengguna untuk memverifikasi usia. Orang yang mendampinginya harus berusia 18 tahun dan tidak melakukan jaminan untuk orang lain pada saat bersamaan.

Mereka juga harus memenuhi “perlindungan lain” yang tidak dirinci oleh Instagram. Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan metode lain dengan hanya memverifikasi usia dengan kartu identitas diri.

Teknologi baru ini awalnya diluncurkan di AS, dan kemungkinan akan mendarat di Inggris. Namun, belum ada penjelasan, apakah metode ini akan berlaku di negara lain atau tidak.

“Memahami usia seseorang secara online adalah tantangan yang kompleks dan berskala industri,” ujar Instagram.

“Kami ingin bekerja dengan orang lain di industri kami, dan dengan pemerintah, untuk menetapkan standar yang jelas dalam memverifikasi usia secara online,” pungkasnya.

Instagram baru saja meluncurkan stiker Add Yours secara bertahap ke pengguna di Indonesia. Kehadiran stiker baru ini dengan cepat menjadi tren. Namun tren ini ternyata menyimpan celah berbahaya hingga berujung penipuan.

Demikian berita mengenai Instagram Minta Verifikasi Usia Lewat Selfie untuk Batasi Pengguna di Bawah Umur, ikuti terus update berita dari kami

Sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5005161/instagram-minta-verifikasi-usia-lewat-selfie-untuk-batasi-pengguna-di-bawah-umur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here