Home Bisnis MARKET Menko Luhut Berencana Buat Jalur Ekspor Durian Langsung ke China

Menko Luhut Berencana Buat Jalur Ekspor Durian Langsung ke China

15
0

Beritamu.co.id – Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan berencana untuk membuat jalur ekspor langsung ke China.

Adapun rencana untuk membuat jalur ekspor langsung ini berangkat dari kunjungan timnya ke sentra pertanian durian di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah.

Di sana terungkap ekspor durian dilakukan melalui negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

Sementara nilai ekspor tersebut mencapai ratusan juta dolar. Melihat adanya potensi besar ini, Luhut menilai perlu dibuat jalur logistik langsung ke China.

“Sekarang kita buat logistiknya langsung saja ke Tiongkok karena Tiongkok tujuan utama durian. Tiongkok itu mengimpor hampir US$ 7-8 miliar setahun,” sebut Luhut, dalam unggahan video pada akun Instagram resminya @luhut.pandjaitan, dikutip Selasa (16/7).

Tak hanya itu, pemerintah juga menaruh perhatian lebih terhadap lahan-lahan yang terbengkalai di Indonesia.

Harapannya ke depan tanah-tanah yang tidak digunakan itu bisa dimanfaatkan untuk menanam produk-produk pertanian sesuai dengan lokasi terkait. Namun hal tersebut perlu didukung dengan uji tanah, lokasi, bibit, hingga pupuknya.

Baca Juga :  Ditutup ke Level 7.328, IHSG Rabu Menguat 0,59 Persen

Selain itu, pemerintah juga mendorong pengembangan rekayasa bibit durian menggunakan teknologi genomic/rekayasa genetika.

Kata Luhut, dirinya telah menyiapkan tanah seluas 2.000 hektare untuk pengembangan durian tersebut.

“100 hektare pertama mulai ditanami dan mulai di-genom. Ini kita lihat juga ternyata banyak hal-hal seperti ini yang selama ini tidak kita tangani secara profesional. Jadi banyak sekali yang bisa kita kembangkan di Indonesia ini asal kita fokus saja dan tekuni. Jadi jangan merasa pertanian itu kelas dua, tidak. Pertanian itu menurut saya luar biasa tempatnya dan harus kita tekuni,” tandasnya.


https://pasardana.id/news/2024/7/17/menko-luhut-berencana-buat-jalur-ekspor-durian-langsung-ke-china/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here