Home Bisnis MARKET Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Sudah Disepakati, Tapi Teknis Pelaksanaannya Masih Dikaji

Anggaran Program Makan Bergizi Gratis Sudah Disepakati, Tapi Teknis Pelaksanaannya Masih Dikaji

8
0

Beritamu.co.id – Pemerintah bersama dengam presiden terpilih, telah menyepakati bahwa program Makan Bergizi Gratis (MBG) akan dilakukan secara bertahap.

Untuk tahap pertama di tahun 2025, anggaran yang digulirkan sebesar Rp71 triliun.

Meski sudah disepakati, untuk pelaksanaan teknis implementasi program tersebut masih dalam proses pengkajian.

Hal ini karena masih menunggu siklus pembahasan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2025 antara pemerintah dan DPR. 

“Semua pertanyaan yang bersifat teknis, seperti total jumlah kebutuhan anggaran prosesnya seperti apa, sedang dipikirkan secara internal. Saya belum bisa menjelaskan teknisnya sekarang, karena siklus-siklus itu harus kita lalui lebih dulu,” kata Anggota Bidang Keuangan Tim Gugus Tugas Sinkronisasi Pemerintahan dari Tim Prabowo, Thomas Djiwandono dalam keterangan pers bersama Menteri Keuangan dan Menko Perekonomian Kantor Pusat Ditjen Pajak, Senin (24/6).

Thomas mengatakan, pihaknya baru bisa menjelaskan teknis pelaksanaan program MGB setelah siklus APBN selesai.

Saat ini, pembahasan RAPBN 2025 antara pemerintah dan DPR baru sampai pada belanja pemerintah pusat dan transfer ke daerah.

Baca Juga :  Kondisi Pasar Picu MAYA Tambah Jumlah Right Isue Jadi 27 Miliar Saham Baru

Dia menegaskan, pelaksanaan program makan bergizi gratis tetap akan memperhatikan prinsip belanja berkualitas.

Termasuk target defisit anggaran yang ditetapkan, karenanya program presiden terpilih itu akan dilakukan secara bertahap.

Sementara itu, Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati menambahkan, bagaimana desain program dan eksekusinya diserahkan pada Presiden terpilih.

“Kalau disainnya belum ada, maka anaggarannya yang sudah masuk postur RAPBN tetap akan dicadangkan di Bendahara Umum Negara. Nanti akan kami lihat dan sinkronkan dengan bentuk programnya jika sudah ditetapkan, dan siapa eksekutornya,” ujar Menkeu.


https://pasardana.id/news/2024/6/25/anggaran-program-makan-bergizi-gratis-sudah-disepakati-tapi-teknis-pelaksanaannya-masih-dikaji/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here