Home Bisnis MARKET Bank Mandiri Berikan Pelatihan Kewirausahaan dan Edukasi Keuangan Kepada PMI di Seoul

Bank Mandiri Berikan Pelatihan Kewirausahaan dan Edukasi Keuangan Kepada PMI di Seoul

6
0

Beritamu.co.id – Bank Mandiri (IDX: BMRI) mengadakan program ‘Mandiri Sahabatku’ di Seoul, Korea Selatan (Korsel) dengan merangkul lebih dari 100 WNI yang bekerja di kawasan Korsel.

Program yang berlangsung pada Sabtu, 22 Juni 2024 ini, bertujuan untuk memberikan pelatihan kewirausahaan serta edukasi keuangan bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Korsel.

”Harapannya, melalui program ini tidak hanya memantik semangat kewirausahaan PMI, tetapi juga mempererat ekosistem PMI guna mewujudkan semangat memakmurkan negeri,” sebut Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, di Seoul, Minggu (23/6).

Diketahui, Korsel kini menjadi salah satu destinasi utama para Warga Negara Indonesia (WNI) untuk mencari pekerjaan di luar Tanah Air.

Menurut laporan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP2MI), di tahun 2023, jumlah PMI yang ada di Korsel telah mencapai 12.580 penempatan.

Sementara menurut data Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul, jumlahnya tercatat lebih dari 49.000 jiwa.

Adapun sektor penempatan pekerja PMI ke Korsel kian bertambah, yakni; sektor manufaktur dan perikanan, shipbuilding, jasa pengolahan, serta industri jasa hotel dan restoran.

Baca Juga :  Kredit Konsumtif Jangka Pendek dan Kredit Modal Kerja Berpeluang Terkerek Fed Rate Cut

“Melihat besarnya potensi peningkatan PMI di Korsel, Bank Mandiri melalui Mandiri Sahabatku ingin memberikan pembekalan yang dapat bermanfaat bagi para pekerja. Mulai dari edukasi finansial seperti pengelolaan keuangan pribadi hingga pelatihan kewirausahaan,” ujar Darmawan.

Diluncurkan sejak tahun 2011 lalu, program ini turut menjadi bagian dari implementasi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Bank Mandiri.

Program yang berfokus pada pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) ini telah merangkul lebih dari 18 ribu PMI Indonesia yang tersebar di mancanegara seperti Hong Kong, Malaysia, Singapura, Arab Saudi dan beberapa negara lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Bank Mandiri juga memperkenalkan fitur Livin by Mandiri bertajuk Livin Around The World yang dirancang khusus untuk memudahkan nasabah dalam mengelola kebutuhan finansial bahkan non finansial secara lebih efisien dan efektif di luar negeri.


https://pasardana.id/news/2024/6/24/bank-mandiri-berikan-pelatihan-kewirausahaan-dan-edukasi-keuangan-kepada-pmi-di-seoul/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here