Home Bisnis MARKET Cegah Fraud, Bank Jago Gunakan Kecerdasan Buatan

Cegah Fraud, Bank Jago Gunakan Kecerdasan Buatan

8
0

Beritamu.co.id – PT Bank Jago Tbk (IDX: ARTO) berkomitmen untuk melindungi nasabah dan bank-nya dari ancaman siber, dengan membangun kerangka kerja manajemen risiko dan sistem keamanan yang kuat, serta menyempurnakan kebijakan dan strategi anti-fraud yang berkelanjutan.

”Dengan kerangka kerja yang kuat, Bank Jago memiliki kesiapsiagaan dan kecepatan dalam mengidentifikasi dan merespon potensi serangan siber,” terang Direktur PT Bank Jago Tbk, Umakanth Rama Pai, dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (20/6).

Terbaru, Bank Jago menggunakan kecerdasan buatan (AI), sehingga mengubah pendekatan manajemen risiko dari bersifat pencegahan menjadi bersifat adaptif karena bisa mengenali ancaman siber dari pemodelan ancaman dan penilaian aset yang akurat.

“Kami juga melakukan evolusi secara berkelanjutan dengan belajar dari pengalaman sebelumnya dan memetakan ancaman-ancaman terkini. Jadi setiap produk maupun proses baru yang dirancang, harus melewati uji keamanan siber untuk melihat seberapa rentan atau kuat menghadapi ancaman siber,” kata Umakanth. 

Meski demikian, Umakanth menilai, peran nasabah dan masyarakat sangat penting untuk menghindari kebocoran serta pencurian data yang masuk melalui mereka.

Baca Juga :  Ditutup ke Level 6.980, IHSG Selasa Menguat 0,64 Persen

“Yang terpenting adalah masyarakat sadar akan risiko siber yang mungkin mengancam mereka. Selain itu, paham cara mengantisipasi, merespons, dan melaporkannya,” jelas Umakanth.

Diketahui, salah satu ancaman dunia siber, yaitu penipuan (fraud) yang menggunakan modus social engineering.

Modus ini marak terjadi seiring masifnya penggunaan media sosial.

Terkait hal itu, menurut Umakanth, tindakan pencegahan terbaik yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat serta cara mendeteksinya, mengingat social engineering menggunakan teknik yang menipu untuk menyesatkan orang.

Adapun Bank Jago sendiri, kata Umakanth, juga selalu mengedukasi nasabah dan masyarakat serta membangun kesadaran dan budaya keamanan.

Pada kuartal I-2024, Bank Jago telah melayani sebanyak 11,1 juta nasabah, termasuk 9 juta nasabah funding melalui Aplikasi Jago.
Jumlah tersebut naik 3,6 juta nasabah dibandingkan pencapaian kuartal I-2023 yang mencapai 7,5 juta nasabah.


https://pasardana.id/news/2024/6/21/cegah-fraud-bank-jago-gunakan-kecerdasan-buatan/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here