Home Bisnis MARKET PGAS Tingkatkan Aliran Gas Bumi Sebesar 48 BBTUD ke Wilayah Jawa Tengah

PGAS Tingkatkan Aliran Gas Bumi Sebesar 48 BBTUD ke Wilayah Jawa Tengah

12
0

Beritamu.co.id – Kebutuhan energi gas bumi di Jawa Tengah semakin meningkat.

Menyikapi hal tersebut, PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) (IDX: PGAS) telah meningkatkan aliran gas bumi sebesar 48 BBTUD ke wilayah Jawa Tengah, menyusul selesainya pekerjaan interkoneksi pipa distribusi CNG Cluster Tambak Aji dengan pipa distribusi Kendal-Mangkang, yang juga terkoneksi pipa transmisi Cirebon-Semarang Tahap 1 (Cisem Tahap 1).

Dengan demikian, upaya pionering suplai gas untuk Kawasan Industri Tambak Aji dan Wijaya Kusuma selama 10 tahun belakangan, yang bersumber dari compressed natural gas (CNG), kini dapat dialihkan ke sumber gas pipa.

Menurut General Manager PGN SOR 3, Hedi Hedianto, sejak 2022, kebutuhan energi gas bumi di Jawa Tengah terus meningkat.

Untuk pemenuhan supply, didukung dengan adanya pipa gas transmisi Cisem yang dibangun oleh pemerintah ketika pipa Cisem Tahap 1 (Semarang-Batang) dan pipa distribusi di Kendal-Mangkang-Tambak Aji selesai, maka proses peralihan dari sumber gas CNG ke gas pipa di Tambak Aji.

“Kemudian, dilakukan dengan mengoneksikan dengan pipa distribusi dari offtaker Kendal menuju pipa cluster CNG eksisting Tambak Aji melewati pipa distribusi Mangkang-Tambak Aji,” jelas Hedi dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (04/6).

Baca Juga :  Pola Transaksi Saham MCAS dan ITIC Masuk UMA

Adapun untuk volume pengaliran gas eksisting untuk sektor industri komersial di wilayah Jawa Tengah, yakni sebesar 3 BBTUD atau 3 juta meter kubik per bulan.

Ditambahkan, selain melayani sektor industri komersial, melalui integrasi infrastruktur pipa gas Gresik-Semarang, Kalimantan-Jawa, dan distribusi Jateng, PGN juga melayani kebutuhan sektor kelistrikan sebesar 45 BBTUD.

Lebih lanjut Hedi menerangkan, bahwa kehadiran PGN di Kota Semarang sudah sejak lama yakni 2014 dalam upaya meningkatkan daya saing ekonomi dan industri di wilayah Jawa Tengah melalui pengaliran gas bumi moda CNG, yang lebih ramah lingkungan dan kompetitif.

Pada waktu itu, belum ada jaringan pipa, yang mengarah ke Jawa Tengah dan lokasi industri berada jauh dari sumber gas. 


https://pasardana.id/news/2024/6/5/pgas-tingkatkan-aliran-gas-bumi-sebesar-48-bbtud-ke-wilayah-jawa-tengah/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here