Home Bisnis MARKET Kerjasama Perdagangan Ri-UEA Diyakini Capai Target Rp160 Triliun

Kerjasama Perdagangan Ri-UEA Diyakini Capai Target Rp160 Triliun

8
0

Beritamu.co.id – Hubungan kerjasama perdagangan antara Pemerintah Indonesia dan Uni Emirat Arab (UAE) ditarget mencapai US$ 10 Miliar atau Rp 160 trilun (kurs Rp 16.024).

Melansir Antara pada Senin, (6/5), Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi, menyakini bahwa target tersebut dapat tercapai dengan memanfaatkan perjanjian dagang Indonesia dengan negara tersebut (Indonesia – UAE CEPA).

“Jadi plenty of room untuk mengembangkan trade volume. Sangat besar. Saya sih bisa target dalam 2-3 tahun ke depan mudah-mudahan bisa sampai US$ 10 miliar,” ujarnya.

Dijelaskan Didi, melihat peta perdagangan yang ada, data potensial perdagangan antar Indonesia dan UAE sangat besar.

Kata dia, berdasarkan data Kemendag peran ekspor Indonesia ke UAE sepanjang 2019 sampai 2023 dapat meningkat dengan angka rata-rata 19,60% per tahun.

Sementara itu, CEO Dubai Chamber (Kamar Dagang dan Industri Dubai) Mohammad Ali Rashed Lootah, menilai target US$ 10 miliar dapat tercapai dengan memanfaatkan perjanjian dagang Indonesia-UAE CEPA yang berlaku sejak September 2023. 

Baca Juga :  Prodia Akan Tebar Dividen Rp165,97 Per Saham

Menurutnya, perjanjian dagang dinilai dapat mengurangi hambatan dagang antara Indonesia dan UAE.

Selain itu, pihaknya juga membidik kerja sama di berbagai sektor usaha khususnya agrikultur, konstruksi, otomotif, makanan dan minuman, serta teknologi.

 


https://pasardana.id/news/2024/5/7/kerjasama-perdagangan-ri-uea-diyakini-capai-target-rp160-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here