Home Bisnis MARKET Peraturannya Segera Terbit, Jokowi Berharap Kenaikan Gaji TNI/Polri dan ASN Dapat Mendorong...

Peraturannya Segera Terbit, Jokowi Berharap Kenaikan Gaji TNI/Polri dan ASN Dapat Mendorong Daya Beli

16
0

Beritamu.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa peraturan terkait kenaikan gaji untuk personel Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) akan segera diterbitkan.

Demikian disampaikan Jokowi kepada wartawan di Kota Depok, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (8/1/2024).

“Ya secepatnya, secepatnya akan keluar. Saya harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan, daya beli, dan juga berimbas kepada perekonomian,” ujarnya.

Jokowi juga menegaskan bahwa kebijakan kenaikan gaji bagi para ASN, TNI, dan Polri harus melalui perhitungan dan pertimbangan yang matang sesuai dengan situasi perekonomian negara.

Ia menyatakan hal tersebut untuk menanggapi fakta bahwa intensitas kenaikan gaji ASN, TNI, dan Polri lebih rendah dari pemerintahan sebelumnya.

“Ya, situasi fiskal kita, situasi ekonomi kan berbeda-beda. Kita memutuskan menaikkan atau tidak menaikkan semuanya pasti dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang,” ujarnya.

Jokowi menyebutkan, salah satu pertimbangan yang tadi disebut adalah pandemi COVID-19 yang menjadikan kondisi perekonomian negara tak memungkinkan untuk melakukan kenaikan gaji.

Baca Juga :  OJK Isyaratkan Kerek Minimal Modal Perusahaan Efek

Oleh karenanya, pemerintah melakukan perhitungan dan kalkulasi yang baik sebelum memutuskan kebijakan kenaikan gaji.

“Kalau fiskal kita dalam posisi tertekan oleh eksternal, misalnya kemarin oleh COVID, oleh perang dagang, kemudian oleh geopolitik yang tidak memungkinkan ya tidak mungkin kita lakukan. Semuanya dengan pertimbangan-pertimbangan dan kalkulasi-kalkulasi yang matang,” kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Kabinet.

Lebih lanjut, ia berharap, kebijakan kenaikan gaji ASN, TNI, dan Polri pada tahun ini dapat mendorong daya beli dan perekonomian masyarakat.

 


https://pasardana.id/peraturannya-segera-terbit-jokowi-berharap-kenaikan-gaji-tnipolri-dan-asn-dapat-mendorong-daya-beli/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here