Home Bisnis MARKET Bandara Mentawai Diharapkan Bisa Menumbuhkan Perekonomian Lokal

Bandara Mentawai Diharapkan Bisa Menumbuhkan Perekonomian Lokal

3
0

Beritamu.co.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, bandara Mentawai di Sumatera Barat bisa menumbuhan perekonomian lokal, karena akan banyak mendatangkan wisatawan. Terlebih, Pulau Mentawai terkenal dengan wisata surfing yang indah. 

“Saya harap, dengan beroperasinya bandara ini, mobilitas masyarakat akan semakin mudah, potensi wisata di Kepulauan Mentawai juga bisa dikembangkan lebih baik lagi. Sehingga kita harapkan wisata surfing akan semakin berkembang dan juga mungkin pesawat-pesawat dari luar negeri yang berkaitan dengan surfing juga bisa langsung mendarat baik di Padang maupun Pulau Mentawai,” ujar Jokowi yang dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (25/10).

Saat peresmian, Jokowi mengatakan, kalau bandara Mentawai ini bisa membantu akselerasi sektor pariwisata dan bisa mengantarkan wisatawan dalam dan luar negeri ke pulau terluar di tanah air.

Bandara ini juga akan menggantikan Bandara Rokot Sipora, karena kurang memadai untuk penerbangan wisata. Sebab, panjang landasan pacunya atau runway 850 meter, sehingga hanya bisa didarati pesawat jenis Cessna.

“Bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot Sipora yang panjang runway-nya hanya 850 meter. Hanya bisa didarati oleh pesawat Cessna yang kapasitasnya hanya 12 orang. Sekarang dengan adanya bandara baru (Bandara Mentawai) panjang runway-nya 1.500 meter dengan lebar 30 meter dan pesawat ATR sudah bisa mendarat di pulau Mentawai saat ini,” ujar Mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Baca Juga :  DOID Raih Kontrak Jasa Pertambangan di Australia Senilai Rp598 Miliar

Untuk itu, Jokowi juga meminta bawahannya atau Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar mengundang maskapai untuk terbang menuju Bandara Mentawai. Apalagi, daya tampung penumpang bisa bertambah, jika menggunakan jenis pesawat ATR 72-600. 

“Tadi saya sudah sampaikan ke Menteri Perhubungan jangan hanya Cessna yang datang ke sini, tapi ATR mestinya sudah harus segera didatangkan di Pulau Mentawai. Karena sekali angkut bisa 78, sebelumnya Cessna hanya 12. Sekarang kalau ATR bisa 78,” tutur Jokowi.

 


https://pasardana.id/news/2023/10/26/bandara-mentawai-diharapkan-bisa-menumbuhkan-perekonomian-lokal/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here