Home Bisnis MARKET Gim Indonesia Diminati Banyak Pengunjung Gamescom Jerman 2023, Raup Potensi Transaksi Rp1,7...

Gim Indonesia Diminati Banyak Pengunjung Gamescom Jerman 2023, Raup Potensi Transaksi Rp1,7 Triliun

15
0

Beritamu.co.id – Produk-produk gim Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar USD 115,72 juta, atau setara dengan Rp1,76 triliun, pada pameran gim Gamescom 2023 di Cologne, Jerman pada 23—27 Agustus 2023, meningkat dibandingkan 2022 yang sebesar USD 75,2 juta atau lebih dari Rp1,1 triliun.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (Kemendag), Didi Sumedi menyampaikan, potensi transaksi yang diraih pada Gamescom 2023 menunjukkan bahwa gim Indonesia semakin diminati. “Kenaikan potensi transaksi pada Gamescom 2023 menunjukkan pasar Eropa semakin meminati produk-produk gim asal Indonesia,” ungkap Didi.

Didi juga menyampaikan apresiasinya atas kerja sama berbagai pihak sehingga Indonesia dapat berpartisipasi dalam Gamescom 2023. “Saya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung keikutsertaan Indonesia serta kerja sama dan antusiasme sektor gim nasional untuk memamerkan kualitas gim-gim Tanah Air ke masyarakat Eropa melalui Gamescom 2023,” jelas Didi.

Partisipasi Indonesia di Gamescom 2023 merupakan hasil kolaborasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg selaku perwakilan Kementerian Perdagangan Indonesia di Jerman, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, Kedutaan Besar Republik Indonesia Berlin, Konsulat Jenderal Republik Indonesia Frankfurt, Asosiasi Game Developer Indonesia (AGI), serta Asosiasi Cipta Kreasi Indonesia (CAKRA).

Kepala ITPC Hamburg Eka Sumarwanto menjelaskan, partisipasi Indonesia pada Gamescom 2023 berlangsung lancar dan sesuai rencana. “Indonesia berhasil mencetak potensi transaksi sebesar USD 115,72 juta. Animo pengunjung Gamescom juga terbilang sangat tinggi terhadap gim Indonesia,” kata Eka.

Paviliun Indonesia dalam Gamescom 2023 diresmikan Duta Besar RI untuk Republik Federal Jerman Arif Havas Oegroseno dan Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini. Turut hadir Kepala ITPC Hamburg Eka Sumarwanto.

Paviliun Indonesia yang mengusung slogan “Games from Indonesia” memfasilitasi delegasi industri gim Tanah Air sebagai peserta pameran. Terdapat 11 studio gim yang ikut serta, yaitu Agate, Algorocks, Anantarupa, Dreams Studio, Ginvo Studio, Glory Jam, Mankibo, Nuon Digital Indonesia, Pendopo Multi Creation, Wisageni Studio, dan NPC Vile.

Eka mengatakan, pada Zona Promosi Gim Lokal, Paviliun Indonesia mendapatkan respons positif dari pengunjung. Salah satunya adalah studio NPC Vile yang memperoleh lebih dari 1.200 daftar keinginan (wishlist). Selain itu, salah satu desain kaos “Dragon” karya Angga Tantama juga berhasil menjadi suvenir resmi di Gamescom 2023.

Baca Juga :  Matahari Laporkan Penjualan Kotor Tembus Rp2,7 Triliun di Kuartal I 2023

Eka juga menyampaikan, industri gim Indonesia menorehkan hal membanggakan saat pameran. Gim “A Space for the Unbound” milik Toge Production terpilih menjadi salah satu dari lima nominasi di kategori ‘Games for Impact’ pada Gamescom Award.

Selain mempromosikan produk, lanjut Eka, semua peserta pameran dapat melakukan penjajakan bisnis (business matching) melalui akun Meet To Match-Platform Business Meeting & Matching (Gamescom.biz), jaringan personal, dan pertemuan bisnis langsung tanpa reservasi (walk in
meeting).

Penjajakan bisnis juga dapat dilakukan melalui pelayanan informasi ekonomi kreatif. Hal tersebut diwujudkan antara lain dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran Gamescom. Misalnya, melalui program di media nasional, desain konten promosi masing-masing peserta, serta pembuatan konten promosi video dan media sosial.

Selama penyelenggaraan pameran, semua peserta pameran dari Indonesia telah bertemu dengan 133 pembeli potensial yang berasal dari perjanjian kerja sama (appointment meet to match) dan pembeli langsung (walk in buyer).

Gamescom 2023 dihadiri lebih dari 325.000 pengunjung dari 100 negara. Di Gamescom tahun ini, terdapat area business-to-business yang diikuti 1.227 peserta pameran dari 63 negara. Selama tiga hari penyelenggaraan, jumlah pengunjung di area bisnis mencapai 240 orang yang berasal dari Jerman dan luar Jerman.

“Tahun depan, Indonesia akan bersiap mengikuti gelaran Gamescom pada 21—25 Agustus 2024 di Koelnmesse, Jerman. Beberapa pameran gim internasional yang dapat dijadikan acuan lainnya adalah Gamescom Asia Singapura, Games Connection America, Busan Indie Connect, Paris Games Week, dan Tokyo Games Show,” pungkas Eka.

Gamescom merupakan pameran dagang dan pameran gim terbesar di Eropa. Pameran ini diselenggarakan setiap tahun sejak 2009. Pameran ini menawarkan kesempatan untuk membuka pasar, membangun dan memperluas jaringan, serta memberikan dan meningkatkan pemahaman industri gim di masyarakat.

Pameran ini juga menampilkan turnamen olah raga berbasis peralatan elektronik (mobile esport tournaments), pertunjukan musik, presentasi produk, penjualan (sales), serta perekrutan orang berbakat (talent).


https://pasardana.id/gim-indonesia-diminati-banyak-pengunjung-gamescom-jerman-2023-raup-potensi-transaksi-rp1-7-triliun/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here