Home Bisnis MARKET Menko Luhut Belum Bisa Memastikan Kapan Peresmian Kereta Cepat

Menko Luhut Belum Bisa Memastikan Kapan Peresmian Kereta Cepat

9
0

Beritamu.co.id – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan belum mau memastikan apakah peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) dihelat 1 Oktober 2023.

Kata Luhut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin memberikan kesempatan kepada masyarakat umum di sepanjang rel untuk mencoba (kereta cepat).

Launching ya anytime,” ujarnya di Jakarta Timur, Rabu (6/9).

Meski begitu, Luhut menginformasikan kalau KCJB akan diperpanjang ke Surabaya, Jawa Timur.

Bahkan, ia mengklaim China semangat untuk menggarap dan melanjutkan rute kereta cepat saat ini.

Ia mendengar keseriusan itu dari Perdana Menteri China, Li Qiang, yang diajaknya menaiki KCJB dari Stasiun Halim-Karawang PP.

“Seperti yang berkali-kali kami sampaikan, Presiden (Joko Widodo) kan mengarahkan ada studi kereta cepat sampai Surabaya. Mereka (China) juga sangat senang kalau mereka bisa terlibat di situ, nanti kita lihat ke sana, memang teknologinya. Tapi menurut saya dengan pengalaman mereka sudah 41 ribu km buat KA cepat saya kira perlu kita pertimbangkan,” tutur Luhut.

Baca Juga :  Pemerintah Sukses Terbitkan SUN Dual Currency Senilai USD1,8 Miliar dan EUR750 Juta

Sementara itu, Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya juga masih menunggu izin operasional Kementerian Perhubungan.

“Tanggal 1 (Oktober) kita tunggu, kita tunggu. Kan Kementerian Perhubungan harus memberikan izin dulu. Kita tunggu, karena pertama kalinya kita membangun sistem, benar-benar harus hati-hati, harus smooth semuanya,” tutupnya.

 

 


https://pasardana.id/news/2023/9/7/menko-luhut-belum-bisa-memastikan-kapan-peresmian-kereta-cepat/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here