Home Bisnis MARKET FOLK Kaji Bawa Anak Usaha IPO

FOLK Kaji Bawa Anak Usaha IPO

16
0

Beritamu.co.id- PT Multi Garam Utama Tbk (IDX: FOLK) akan membawa salah satu anak usahanya untuk mengalang dana melalui penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

 

Direktur Utama FOLK,  Danny Sutradewa mengatakan, rencana itu merupakan satu dari 3 langkah pertumbuhan pendapatan.

Engine growth kami ada 3, pertama melalui anak usaha, kedua aksi korporasi seperti merger dan akuisisi  guna memberikan benefit bagi anak usaha lain dan terakhir membawa IPO anak usaha yang sudah besar seperti yang dilakukan Berkshire Hathaway,” papar dia dalam di Gedung Bursa Efek Indonesia(BEI), Senin(7/8/2023).

Dalam prospectus IPO, FOLK mencantum lima anak usaha. Pertama,   PT Amazara Indonesia Mudakarya bergerak dibidang penjualan eceran alas kaki melalui media sosial. Kedua,  PT Drsoap Global Indonesia bergerak dibidang perawatan rumah tangga dan tubuh.

Ketiga, PT Finfolk Media Nusantara bergerak dibidang portal dan pelatihan kerja bisnis.

Keempat,   PT Syca Kreasi Indonesia bergerak dibidang kosmestik. Terakhir   PT Warcorp Indonesia Sinergi bergerak dibidang konsultan manajemen.

 

Untuk diketahui,  FOLK Group resmi mencatatkan saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin, dengan meraih dana segar sebesar Rp57 miliar.

 

Dana tersebut dialokasikan sebesar 22,69 persen untuk penyetoran modal kepada PT Finfolk Media Nusantara (FMN).

 Kemudian sekitar 18,85 persen akan digunakan perseroan untuk pembayaran jasa kontraktor, renovasi gedung kantor, pembuatan studio, ruang pertemuan, dan juga pembelian peralatan perlengkapan.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (16/10/2023) : IHSG Berpotensi Bergerak Sideways

 Lalu sekitar 17,65 persen hasil IPO akan digunakan perseroan untuk pembelian saham PT Untung Selalu Sukses (USS), Terakhir, sebesar 12,5 persen akan dipinjamkan kepada PT Drsoap Global Indonesia (DGI), 12,5 persen  akan dipinjamkan kepada PT Amazara Indonesia Mudakarya (AIM). 6,6 persen akan dipinjamkan kepada PT Syca Kreasi Indonesia (SKI).

 

Sementara itu, Komisaris Utama FOLK Group,  Bong Chandra, mengatakan , IPO hanyalah tangga pertama. Berbekal team management muda dan inovatif serta para pendiri dengan rekam jejak yang baik, FOLK Group akan menjadi katalis di industri kreatif Indonesia.

“ Dari Januari hingga Juli 2023, ekosistem FOLK Group telah menjual lebih dari 149 ribu produk dan selama FOLK Group berdiri telah melayani lebih dari 500 ribu total unique customers. FOLK Group juga memiliki total 20+ Intellectual Properties & Brands,” papar dia.

Ia menambahkan,  sampai dengan bulan Juli 2023 beberapa media channel di ekosistem FOLK Group memiliki lebih dari 352 juta total pengunjung.

“Raihan ini juga didukung oleh kinerja keuangan yang solid di mana dalam 4 tahun terakhir, perusahaan berhasil membukukan CAGR pendapatan 224 persen dan CAGR laba bersih 248 persen dari tahun 2019-2022,” pungkas dia.


https://pasardana.id/news/2023/8/7/folk-kaji-bawa-anak-usaha-ipo/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here