Home Bisnis MARKET Laba Bersih TRIS Melesat 43.8% YoY

Laba Bersih TRIS Melesat 43.8% YoY

36
0

Beritamu.co.id – Trisula Grup yang dikendalikan oleh PT Trisula International Tbk (IDX: TRIS), emiten di bidang tekstil dan garmen, berhasil mencetak kinerja konsisten selama semester pertama tahun 2023 melalui sinergi yang terbangun antara TRIS dan anak-anak usahanya.

TRIS mengekspor garmen berkualitas yang kainnya diproduksi oleh anak usahanya yang bergerak di segmen tekstil, yaitu PT Trisula Textile Industries Tbk (IDX: BELL).

Di samping itu, BELL juga menjual seragam dan pakaian melalui merek JOBB yang mereka pegang, penjualan BELL selama paruh pertama 2023 turut berkontribusi terhadap kenaikan laba TRIS.

Dalam Laporan Keuangan Semester 1 2023 yang diterbitkan tanggal 31 Juli 2023 disebutkan bahwa Perusahaan membukukan penjualan sebesar Rp 680,8 miliar, atau meningkat 2,9% YoY.

Laba bersih TRIS tercatat sebesar Rp 43,5 miliar atau meningkat sebesar 43,8% YoY.

Kontribusi terbesar terhadap penjualan datang dari Segmen Manufaktur, yaitu sebesar 64%.

“Hubungan sinergis yang sudah terbangun di dalam grup kami memang dimaksudkan untuk saling melengkapi dan memperkuat satu sama lain, seperti yang terlihat di semester ini,” jelas Direktur Utama TRIS, Widjaya Djohan, dalam keterangan pers, Jumat (04/8).

“Kami mengharapkan sinergi tersebut akan semakin meningkat secara konsisten di masa-masa mendatang,” sambungnya.

Dari sisi ekspor, TRIS mengalami penurunan di semester ini menjadi Rp 417,2 miliar atau turun sebesar 7,3% YoY, namun segmen ini tetap menjadi kontributor terbesar dengan 61%.

Baca Juga :  Dirjen Imigrasi Silmy Karim Perkuat Jajaran Komisaris TLKM

Sedangkan di lain sisi, penjualan ke lokal meningkat sebesar 24,6% YoY.

TRIS memang dikenal sudah menghasilkan produk berkualitas internasional yang terpercaya selama bertahun-tahun.

Salah satu upaya Perusahaan untuk mempertahankan kualitas adalah melalui implementasi teknologi Industri 4.0 seperti otomatisasi dan digitalisasi dalam proses produksi mereka.

TRIS juga berkembang di Segmen Retail, dengan penjualan tercatat sebesar Rp 84,4 miliar atau meningkat sebesar 35,6% YoY untuk Semester 1 2023.

Dengan peningkatan ini, Segmen Retail berhasil meningkatkan kontribusi terhadap penjualan menjadi 10% lebih dari pada kontribusi 1H22 yang hanya sebesar 8%.

Pencapaian ini antara lain berkat pemanfaatan saluran offline dan online yang cerdas, terutama untuk memenuhi permintaan yang meningkat selama periode Idul Fitri lalu di Indonesia.

Untuk mengantisipasi tuntutan masa depan dan pertumbuhan populasi konsumen yang sadar lingkungan, Trisula Group melakukan diversifikasi model garmen dan mengadopsi bahan baku yang lebih ramah lingkungan.

Anak perusahaan TRIS, PT Trimas Sarana Garment Industry memproduksi garmen dengan desain dan potongan yang unik sesuai dengan tren saat ini dan yang akan datang.

Lini pakaian mereka ke depannya akan menampilkan lebih banyak variasi produk garmen yang dibuat menggunakan bahan mentah yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen.

 


https://pasardana.id/news/2023/8/6/laba-bersih-tris-melesat-438-yoy/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here