Home Bisnis MARKET PLN Perbaiki 134 Gardu Listrik Yang Rusak Akibat Lahar Dingin Semeru

PLN Perbaiki 134 Gardu Listrik Yang Rusak Akibat Lahar Dingin Semeru

7
0

Beritamu.co.id – Jaringan listrik rumah yang terdampak musibah lahar dingin Gunung Semeru di Desa Tumpeng, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur telah dinormalkan kembali oleh PT PLN (Persore).

Disampaikan General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Lasiran, bahwa sebanyak 134 gardu distribusi yang menyuplai 34.783 pelanggan telah beroperasi kembali.

Lasiran menambahkan, untuk mengembalikan kondisi listrik rumah warga diterjunkan 78 personel gabungan yang dilengkapi dengan crane melakukan pemulihan jaringan listrik di wilayah terdampak banjir lahar dingin Semeru.

“Alhamdulillah, lebih cepat dari perkiraan, berkat kolaborasi dan dukungan penuh dari Gubernur Jawa Timur, Forkopimda Lumajang hingga masyarakat. PLN berhasil memulihkan 100 persen pasokan listrik di wilayah terdampak banjir bandang,” kata Lasiran dalam keterangan tertulis kepada Antara, Minggu (9/7).

Dia mengatakan, bahwa PLN juga terus menggulirkan bantuan makanan, pakaian, kasur lipat, kebutuhan bayi hingga peralatan mandi di dua lokasi pengungsian yang berada di Desa Tumpeng dan Desa Jarit.

“Kami tetap mengimbau masyarakat agar waspada dan melaporkan potensi bahaya kelistrikan setelah banjir lahar dingin Semeru agar dipastikan instalasi di rumah kering dan aman untuk dinyalakan kembali,” katanya.

Baca Juga :  ANALIS MARKET (03/11/2021) : IHSG Diperkirakan Akan Sedikit Bergerak Positif

Banjir lahar dingin Semeru menyebabkan jembatan Kalimujur jebol dan mengakibatkan enam buah tiang Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) hanyut dan patah karena diguyur hujan deras yang menyebabkan bencana alam tanah longsor disusul banjir bandang lahar dingin Gunung Semeru.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 134 gardu yang menyuplai 34.783 pelanggan di sejumlah wilayah di Kecamatan Pronojiwo dan Ampelgading terdampak yang menyebabkan pemadaman listrik.


https://pasardana.id/news/2023/7/10/pln-perbaiki-134-gardu-listrik-yang-rusak-akibat-lahar-dingin-semeru/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here